Upacara Memperingati Hari Guru Nasional

29 November 2019 / 11:24:14 | posted by danty | category: #

Hari ini, Senin (25/11/2019) Universitas Sriwijaya (Unsri) melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional. Upacara yang dipimpin oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE tersebut digelar di Lapangan Sepak Bola Depan Gedung KPA Unsri Indralaya.

Upacara Hari Guru Nasional kali ini mengambil tema “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam pidatonya yang disampaikan oleh Rektor Unsri menyebutkan tugas mulia menjadi seorang guru.

"Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan," kata Rektor saat menyampaikan pidato Mendikbud.

Lebih jauh dia menyebutkan bahwa para guru sangat ingin membantu murid-murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Namun apa daya, waktu sang guru habis terbuang mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak".

Lebih lanjut Rektor menyampaikan dalam pidatonya Mendikbud menginginkan agar para guru mulai berinovasi tanpa harus menunggu perintah. Dirinya ingin agar guru mulai mengajak anak didiknya berdiskusi, memiliki proyek bakti sosial, dan membantu murid untuk menemukan bakatnya. (Ara)





Top