Unsri Melepas 218 Mahasiswa KKN Ke Kabupaten Lahat

12 December 2019 / 16:45:34 | posted by langit | category: #

Universitas Sriwijaya (Unsri) melepas sebanyak 218 mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan dilaksanakan selama 40 hari yaitu pada tanggal 12 Desember 2019 sampai 22 Januari 2020 di Kabupten Lahat. Mahasiswa KKN tersebut dilepas secara resmi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unsri Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc bertempat di Halaman Graha Sriwijaya Bukit Besar Palembang, Kamis (12/12/2019).

Dalam sambutannya Prof Said berpesan kepada mahasiswa KKN agar menjaga tingkah laku, etika, dan pergaulan serta selalu berkoordinasi dengan masyarakat, camat atau kades dipedesaan tersebut.

“Tentunya adat istiadat yang ada di sana bisa saja berbeda. Kami harapkan agar menjaga tingkah laku, etika dan pergaulan, kemudian nanti juga jangan lupa berkoordinasi dengan pak camat dengan Pak Kades ataupun nanti yang ditempatkan di dusun itu ada kepala dusun nya” pesan Prof Said sebelum melepas mahasiswa KKN.

Dirinya berharap agar pelaksanaan KKN dilaksanakan dengan sungguh-sungguh supaya mendapat ilmu dan pengalaman. Menurutnya kegiatan ini merupakan implementasi dari teori atau hasil belajar yang sudah diperoleh selama ini dan bukan sekedar pelaksanaan KKN sebagai persyaratan lulus kuliah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan KKN, Dr. Ir. Abu Umayah, MS dalam laporannya mengatakan KKN adalah salah satu kegiatan di Perguruan Tinggi yang tercantum dalam kalender akademik Unsri yang pelaksanaannya pada akhir semester ganjil dan semester genap. Kegiatan ini merupakan kegiatan intrakurikuler bagi mahasiswa program Srata 1 Unsri.

“KKN Angkatan 92 ini diikuti oleh 218 mahasiswa Unsri terdiri dari 1 orang dari Fakultas Teknik, 164 orang dari Fakultas Pertanian, 1 orang dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, 6 orang dari Fakultas Ilmu Sosial Politik, dan 46 orang dari Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam. LOkasi KKN Angkatan 92 ini berada di 22 Desa dari 4 Kecamatan” ujar Dr Abu Umayah

Lebih jauh Dr Abu umayah mengatakan melalui kegiatan ini terwujud suatu proses pembelajaran mahasiswa di luar kelas yaitu dalam bentuk kerja nyata yang secara langsung membantu penyelesaian berbagai permasalahan pembangunan pada masyarakat. Dirinya menyebutkan kegiatan KKN memiliki tiga sasaran yakni, menanamkan dan meningkatkan spirit pengabdian kepada mahasiswa, memberikan pendidikan dan pengalaman kepada mahasiswa, dan membantu pemerintah dalam berbagai proses pembangunan masyarakat. (Ara)





Top