Webinar Nasional Peluang dan Tantangan Kelembagaan Ekonomi Dalam Mendukung Pembangunan Perdesaan Gambut 

02 September 2020 / 11:13:04 | posted by humas_unsri | category: Berita

Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia menggelar Webinar Nasional dengan tema " Peluang dan Tantangan Kelembagaan Ekonomi Dalam Mendukung Pembangunan Perdesaan Gambut " yang bertempat di gedung fakultas ekonomi Unsri kampus palembang yang diselenggarakan secara online melalui platform aplikasi zoom dan streaming youtube, selasa (1/9/2020).

Webinar ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. Dalam sambutannya Prof Anis Saggaff mengatakan lahan gambut memiliki arti yang penting dalam kehidupan karena merupakan sistem penyangga kehidupan dan sumber pangan yang berfungsi sebagai pengendali iklim global.

“Perguruan tinggi mempunyai tugas berat untuk menghasilkan sdm yang handal. Dengan karya riset yang cepat, tepat dan qualified serta saling kolaborasi kita dapat memperoleh gagasan dan pengalaman bagaimana upaya pembentukan dan penguatan kelembagaan ekonomi desa melalui pemanfaatan potensi lokal berbasis lahan gambut sehingga menjamin serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa didaerah lahan gambut” katanya. 

Lebih lanjut Rektor mengatakan Upaya pembentukan dan penguatan kelembagaan ekonomi desa merupakan hal yang penting dalam memastikan terlaksananya kegiatan revitalisasi sosial ekonomi dalam konteks restorasi.

Hadir sebagai Keynote Speech pada webinar ini Drs. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Republik Indonesia, yang diwakili oleh Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha dengan mengangakat tema "Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional Berbasis Koperasi dan UMKM". Webinar ini juga dihadiri oleh Ir. Nazir Foead, MSc (Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia).

Adapun para narasumber yang hadir yaitu Taufik Madjid, S.Sos., MSi. (Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi Republik Indonesia) dengan paparan yang diberi tema "Pengembangan Usaha Ekonomi Perdesaan Berbasis BUMDes", Dr. Myrna A. Safitri (Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut RI) berbicara mengenai “Potensi dan Tantangan Kelembagaan Ekonomi di Perdesaan Gambut”, Tuwon (Bumdes Wiraguna, Desa Ganesha Mukti Kabupaten Banyuasin dengan tema “Lesson Learned Pengelolaan Bumdes Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Masyarakat Perdesaan Gambut”, dan Dr. Sukanto, S.E., M.Si (Dosen dan Peneliti Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya/Pakar Ekonomi Perdesaan) yang memaparkan materi dengan tema “Pengaruh Kelembagaan Ekonomi Terhadap Peningkatan Kesejahteraan di Perdesaan Gambut”.

Adapun peserta Webinar tersebut berjumlah 1.329 orang yang tersebar dari aceh sampai dengan papua yang berasal dari akademisi, BUMN, Lingkungan hidup, Perusahaan Swasta, serta Instansi pemerintahan dan para mahasiswa. (Fri)





Top