PPID UNSRI Ikuti Pendalaman Presentasi Monev KIP Tahun 2020

09 October 2020 / 17:12:54 | posted by humas_unsri | category: Berita

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Sriwijaya (Unsri) mengikuti pendalaman presentasi sebagai bagian dari tahapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2020 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat. Tahap ini memberikan kesempatan kepada Atasan PPID/PPID untuk memaparkan secara daring mengenai inovasi dan kolaborasi Keterbukaan Informasi Publik yang telah dilakukan oleh Unsri. Pendalaman presentasi tersebut dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting berlangsung pada Rabu (7/10/2020). 

Sebagai informasi, pada tahapan monev KIP ini sebelumnya telah dilaksanakan pengisian kuesioner monitoring dengan menggunakan aplikasi e-monev.komisiinformasi.go.id dan mengirimkan video presentasi PPID yang berfokus pada kolaborasi dan inovasi.

Rektor Unsri selaku atasan PPID Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE menyampaikan bahwa sebagai salah satu badan publik, Unsri mempunyai komitmen untuk tetap memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat di masa pandemi Covid 19.

“Universitas Sriwijaya akan terus memperbaiki dan memperkuat dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik  yaitu  cepat, akurat,  terpercaya, dan yang lebih penting mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat terlebih lagi di era kebisaan baru” Ujar Rektor Unsri.

Rektor menjelaskan pelayanan informasi publik yang dilakukan PPID Unsri ada yang berasal dari luar Unsri diantaranya tentang penerimaan mahasiswa baru, penjajakan/ kegiatan kerjasama institusi, dan penerimaan pegawai Unsri. Selain itu ada juga yang berasal dari internal Unsri diantaranya pelayanan informasi tentang proses perpindahan kampus kuliah, perbaikan data pada forlap Dikti, dan proses penurunan UKT.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama yang sekaligus sebagai PPID Pelaksana Unsri berkesempatan memaparkan secara virtual mengenai beberapa inovasi guna meningkatkan layanan keterbukaan Informasi publik di lingkup Unsri.  

“Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di era kebiasaan baru atau new normal, Unsri melakukan beberapa inovasi yaitu, pelayanan informasi publik dengan pemanfaatan aplikasi zoom dengan scan barcode dan Perilisan Web PPID Unsri di playstore google play.” Ujar Prof. Said.

Menurutnya Inovasi merupakan sebuah keharusan terlebih lagi saat ini kita masuk dalam era kebiasaan baru yang harus mengikuti tantangan zaman dan tren dengan tetap mengedepankan transparansi, kecepatan, kemudahan dan akuntabilitas. Namun dirinya menyebutkan pelayanan informasi publik secara konvensional (tatap muka) tetap dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Selain atasan dan PPID Pelaksana, turut hadir dalam presentasi Monev KIP tersebut Tim Pengarah PPID yakni, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian dan Keuangan Prof. Dr. Taufiq Marwa, SE. M.Si, PPID Pelaksana Pembantu, Prof. Dr. Alfitri, M.Si, Biro Umum dan Keuangan, Hj. Anita Rachmawati, SE, Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Dedi Supriadi, S.T., M.Si, serta Plt. Biro Akademik dan Kemahasiswaan Inayati Mandayuni, S.T., M.Si.(Ara)





Top