Guru Bukan Hanya Mengajar, Tetapi Mendidik, Melatih, dan Memberi Suri Tauladan

12 October 2021 / 19:42:03 | posted by humas_unsri | category: Berita

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Iwan Stia Budi, SKM, M. Kes. pada Yudisium ke - 156 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) di Gedung Serbaguna FKIP Unsri kampus Indralaya, Selasa (12/10/2021).

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang III ini menyitir sebuah Hadis yang berbunyi, Khoirunnas Anfauhum Linnas, Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. “Mudah-mudahan kata-kata tersebut bisa menjadi nilai-nilai untuk selalu mengedepankan nilai manfaat untuk orang lain. Yang harus diperhatikan bagaimana sesungguhnya peran seorang guru yang bukan hanya mengajar, tetapi juga mendidik, melatih. Sejatinya seorang guru harus memberikan suri tauladan bagi peserta didik,” katanya seraya berharap kepada para alumni untuk dapat menjaga nama baik almamater dan selalu berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa.

Dekan FKIP, Dr. Hartono, MA yakin bahwa  setelah ditempa dengan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap, para sarjana bisa bersaing di dunia kerja, di pasar kerja, dan di lingkungan kerjanya. “Kami ingin alumni dari FKIP sukses di dunia kerja, di lingkungan kerjanya. Saya ingin mendengar informasi yang baik dari alumni. Setelah selesai dari FKIP saudara bisa melanjutkan studi lebih lanjut atau berkiprah di dunia kerja di bidang pendidikan atau di bidang lainnya. Bila saudara sudah bekerja saya ingin mendengar prestasi-prestasi yang dicapai,” ujarnya.

Pada yudisium ke - 156 FKIP melepas 146 sarjana S1, terdiri dari 6 sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, 12 sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, 20 orang sarjana Pendidikan Ekonomi, 17 orang sarjana Pendidikan Sejarah, 7 orang sarjana Pendidikan PPKn, 4 orang sarjana Pendidikan Biologi, 1 orang sarjana Pendidikan Fisika, 6 orang sarjana Pendidikan kimia, 23 orang sarjana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 4 orang sarjana Pendidikan Teknik Mesin, 12 orang sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22 orang sarjana Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 7 orang sarjana Bimbingan Konseling, 5 orang sarjana Pendidikan Luar Sekolah. 5 orang sarjana S2 terdiri dari Magister Pendidikan Bahasa 1 orang, Magister Pendidikan Matematika 1 orang, dan Magister Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 3 orang, dan 1 orang sarjana S3 Pendidikan Matematika.

Sementara sarjana yang meraih predikat Dengan Pujian sebanyak 58 orang, Sangat Memuaskan 93 orang, Memuaskan 2 orang. IPK tertinggi 4,0 diraih Aisyah Turidho, sarjana Magister Pendidikan Matematika. (Yo)





Top