Pelantikan Sarjana Baru ke - 156 Fisip

14 October 2021 / 17:39:53 | posted by humas_unsri | category: Berita

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Alfitri, M. Si. meyudisium 163 sarjana baru pada periode yudisium ke-156 yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Fakultas Ekonomi Unsri kampus Indralaya, (12/10/2021).

Para sarjana tersebut terdiri dari Magister Administrasi Publik 1 orang, Magister Sosiologi 2 orang. Sarjana Strata satu (S1)  Ilmu Administrasi Publik 34 orang, Sosiologi 35 orang, Ilmu Komunikasi 50 orang, Ilmu Hubungan Internasional 39 orang. Sarjana penyandang predikat Dengan Pujian pada periode ini sebanyak 18 orang, masing-masing dari Ilmu Administrasi Publik 12 orang, Ilmu Komunikasi 2 orang, dan Ilmu Hubungan Internasional 4 orang.

Pada acara itu Dekan memberikan cenderamata kepada M. Irfan Nurkamil, Jurusan Ilmu Komunikasi yang mendapatkan medali perak pada cabang olahraga Anggar Sabel Perorangan Putra untuk kontingen Sumatera Selatan dan medali emas bersama tim pada cabang olahraga Sabel Beregu Putra PON XX Papua 2021.

Dalam sambutanya Dekan Fisip meyakini bahwa para orang tua alumni sudah banyak berkorban dari sisi materi dan lainnya.

“Pengorbanan itu anggaplah suatu investasi bagi pengembangan sumberdaya manusia khususnya pengembangan calon sarjana dan magister baru yang nantinya akan diserap oleh pekerjaan yang sudah menanti di depan kita. Kami berharap alumni Fisip akan cepat bekerja dan menerima kepercayaan publik,” ujarnya.

Berbicara tentang sumberdaya manusia, menurutnya di Fisip Unsri baru ada tiga Profesor, 26 Doktor, dan Magister.

“ Ini jelas masih kurang. Harapan saya ke depan akan ada tambahan doktor - doktor baru. Saya berharap dosen-dosen muda nantinya mengambil doktor di luar negeri sebagai upaya internasionalisasi Fisip  Unsri. Begitu juga jabatan dan kepangkatan dosen kami sudah mengupayakan, kita dorong untuk meningkatkan dan mendapatkan jabatan. Yang sudah Lector Kepala kita dorong agar Fisip ke depan bisa menambah professor-profesor baru dengan program profesorsip yang kami sengaja bekerja sama dengan UGM,” tuturnya lagi.

Ia mengatakan bahwa secara kelembagaan Fisip Unsri memiliki empat jurusan Strata Satu, dua Program Magister dan satu Program Doktor Administrasi Public. “Doktor Administrasi Public banyak diminati oleh para pejabat diantaranya Pangdam II Sriwijaya, BIN Daerah, termasuk Gubernur Sumataera Selatan, Herman Deru menjadi bagian dari calon alumni Fisip,” terangnya. 

Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Samsuriadi, M. I. Kom, Ph. D. dalam sambutanya mewakili Rektor berharap ilmu yang di dapat selama kuliah menjadi ilmu yang bermanfaat. Ia menukil Sabda Rosulullah bahwa manusia yang baik adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Ia juga berharap melalu proses pendidikan memberikan hal-hal yang positif menjadi Transfer of Knowledge sehingga ilmu yang didapat dapat dipakai dan digunakan dalam kehidupan untuk mengabdi pada nusa, bangsa, agama, dan Negara. (Yo)





Top