Siapkan SDM Unggul Untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, Unsri Gelar FGD Persiapan PSPPI

22 October 2021 / 10:58:05 | posted by humas_unsri | category: Berita

Dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Universitas Sriwijaya (Unsri) bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII)  menggelar FGD (Forum Grup Discussion) yang diberi tema “Peran Profesi Engineer dalam Menyiapkan SDM Unggul untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” berlangsung secara online di FH Tower Lt. 8 Fakultas Hukum Unsri, Bukit Besar Palembang, Kamis (21/10/2021).

Hadir sebagai narasumber Ketua Umum PII, Dr. Ir. Heru Dewanto. MSc. (Eng). IPU, Dirjen Dikti Kemendikbud RI, Prof. Ir. Nizam , MSc. DIC. PhD. IPU. Asean Eng, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Prof. Dr. Ir. Satryo S. Brodjonegoro, dan dihadiri langsung oleh Ketua Badan Kejuruan Perkeretaapian PII, Dr. Ir. Hermanto Dwiatmoko, MSTr. IPU.

Rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU dalam sambutannya menyampaikan tujuan pendirian PSPPI diantaranya untuk menghasilkan insinyur yang mampu menunjukkan sikap profesionalisme baik dalam keahlian atau kemampuannya dan selalu menjunjung tinggi etika profesi secara strategis dan akuntabel. Selain itu juga menguasai teori aplikasi bidang pengetahuan dan keterampilan teknis keinsinyuran termasuk perancangan, konsultasi, proses perizinan, serta pengembangan rancangan. Kemudian mampu memecahkan masalah keinsinyuran serta menguasai kode kesesuaian dan mampu beradaptasi.

“Lulusan PSPPI Unsri akan memiliki kemampuan, wewenang, dan tanggung jawab sebagai professional Engineer, Engineer, pelaksana lapangan (konsultan atau kontraktor), Project Manager, dan Project Director,” ujar Rektor.

Lebih jauh Rektor mengatakan keunggulan PSPPI Unsri memiliki calon pengajar yang berasal dari tiga unsur yaitu, dari akademisi (Unsri dan Dikti), dari Praktisi (PII dan Pemerintah), serta dari Industri (BUMN dan Swasta).

Rektor berharap Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Sriwijaya akan segera terealisasi dan berjalan dengan baik.(Ara)





Top