Menteri BUMN RI Beri Motivasi Pada Dies Natalis ke-61 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

23 October 2021 / 18:16:20 | posted by humas_unsri | category: Berita

Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar Sidang Senat Terbuka sebagai acara puncak Dies Natalis ke 61 mengangkat tema “Talent Management In a Vuca World” dihadiri langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI), Erick Thohir, BA. MBA yang memberikan motivasi dalam orasi ilmiahnya, bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Unsri Indralaya, Sabtu (23/10/2021).

Dekan Fakultas Ekonomi Unsri, Prof. Dr. Mohamad Adam, SE. ME. Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Menteri BUMN dan Gubernur Sumsel atas kesediaannya memberikan orasi ilmiah dan motivasi kepada seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi Unsri.

“Saya selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya mengucapkan selamat datang di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Acara Dies Natalis ini merupakan momen yang istimewa bagi segenap civitas akademika Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya dalam rangka memperingati ulang tahun Fakultas Ekonomi yang ke -61,” ujar Prof Adam.

Prof Adam mengungkapkan bahwa dalam rangka memeriahkan Dies natalis ke 61 ini, Fakultas Ekonomi telah menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, lomba Tenis meja, badminton, karaoke, film pendek, MTQ, pantun bersambut, stand up comedy, news anchor, lomba mobile legend (nasional), LKTI, dan pidato yang diikuti oleh dosen, pegawai, dan mahasiswa di lingkup Fakultas Ekonomi Unsri.

Sementara itu, Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, MSCE. IPU dalam sambutannya menyampaikan bahwa Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang berjasa terhadap Unsri.

“Saya sampaikan sepintas saja bahwa Fakultas Ekonomi ini adalah fakultas yang sangat berjasa terhadap unsri , kalau tidak ada fakultas ekonomi kemarin tidak berdiri unsri, makanya tahun ke 61 fakultas ekonomi dan fakultas hukum dua fakultas inilah yang pertama kali dicanangkan oleh pak presiden RI dengan SK Presiden pada tanggal 29 Oktober 1960. SK Presiden diterbitkan untuk pendirian unsri. Kemudian penyerahan SK dan juga sekaligus Ground breaking gedung yang pertama yang sekarang masih ada di Unsri Bukit Palembang itu langsung oleh Presiden Bung Karno,” ujar Rektor.

Pada kesempatan itu Rektor juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Menteri BUMN RI dan Gubernur Sumsel “Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran pak menteri yang akan memberikan orasi ilmiah dan juga nanti pada saatnya pak gubernur kami minta juga memberikan sambutan dan nasehat untuk kita semua, dengan Orasi ilmiah pak menteri dan pak gubernur nanti tentunya sangat bermanfaat bagi kami,” ungkap Rektor.

Lebih jauh Rektor menyampaikan harapannya agar Menteri BUMN memberi dukungan dan bantuan kepada Unsri yang saat ini mempunyai perencanaan pembangunan Hall Indoor bagi mahasiswa Penjaskes. Dirinya juga menceritakan bahwa saat ini Unsri membangun taman firdaus bantuan dari Menteri PUPR.

“Saya minta bantuan ke pak menteri, saya dengar pak menteri ini selalu membantu diam - diam untuk sarana olahraga. Unsri itu mempunyai perencanaan untuk hall indoor bagi anak-anak kita, yang memang digunakan untuk penjaskes, multi fungsi, yang kedua kita membangun taman firdaus bantuan dari pak menteri PUPR yang luar biasa dan insya Allah lahan galian itu kita manfaatkan juga untuk golf driving sehingga dosen-dosen kita dan mahasiswa nanti bisa bermain secara gratis disana,” ujar Rektor.

Rektor menjelaskan bahwa saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid maka perkuliahan masih dilaksanakan secara daring. Dalam waktu dekat perkuliahan akan dilaksanakan dengan metode hybrid. “Kalau akhir tahun ini covid selesai maka awal tahun depan akan dilaksanakan secara tatap muka. Daring tetap kita lakukan karena itu adalah teknologi informasi yang sangat penting kita lakukan,” jelas Rektor.

Senada dengan itu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, berharap kepada Menteri BUMN, Erick Thohir bahwa Rektor ingin mengakomodir kemauan mahasiswa untuk dapat belajar tatap muka karena menurutnya kuliah bukan hanya untuk menimba ilmu, tetapi juga menjalin silaturahmi. “Karena Bapak sesama anggota kabinet  saya mohon untuk menyampaikan kepada Bapak Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim, bahwa Unsri ini nunggu suratnya untuk segera dapat sekolah tatap muka bagaimanapun polanya apakah hybrid atau apapun yang penting harus ada aktifitas kasihan juga tempat ini kalau tidak didatangi penghuninya,” ujar Gubernur Sumsel.

Dirinya juga berharap dari orasi ilmiah yang disampaikan Menteri BUMN nanti dapat memotivasi mahasiswa dan seluruh yang hadir di acara puncak Dies Natalis ini. “Kami berharap sekali ilmu – ilmu dari pak menteri  untuk memotivasi bukan hanya mahasiswa tapi juga kami yang hadir disini butuh sekali informasi, butuh sekali ilmu keberhasilan – keberhasilan yang sudah bapak capai sebagai individu maupun bapak sebagai pejabat yang sangat populer. Saya lihat medsos bapak sebagian yang meng like itu mahasiswa unsri. Kami sangat menantikan orasi ilmiah dari bapak mudah-mudahan kami akan terapkan disini untuk dapat segera memajukan sumsel untuk semua,” pungkasnya.

Selain dihadiri oleh Menteri BUMN RI dan Gubernur Sumatera Selatan, dihadiri juga oleh Bupati Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir, Dirut PT Pusri, beberapa Bank mitra Unsri hadir diantaranya Vice Manager BNI, Bank Mandiri, Bank Sumsel Babel,BTN, dan BRI. (Yo/Ara)





Top