Rektor Unsri Menjadi Narasumber Webinar `Peran Pelajar dan Mahasiswa dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba`

19 November 2021 / 19:40:48 | posted by humas_unsri | category: Berita

Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, MSCE. IPU menjadi narasumber pada webinar yang diberi tema "Peran Pelajar dan Mahasiswa dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba" yang di laksanakan di Griya Agung Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (19/11/2021).

Rektor menyebutkan beberapa faktor penyebab penyalahgunaan narkoba yaitu faktor dari diri sendiri, lingkungan, keluarga, dan berteman dengan sindikat. Lebih lanjut disebutkannya jenis narkoba yang paling sering digunakan yaitu ganja, shabu, dan ekstasi.

Dalam paparannya Rektor memberikan beberapa saran untuk menangkal penyalahgunaan narkoba. Menurutnya proses terbentuknya ketergantungan narkoba diawali dengan coba-coba karena segan menolak teman.

 “Saran saya menangkal penyalahgunaan narkoba yaitu ada gerakan peredaman yang gencar seperti penanganan covid-19, perbanyak kelompok-kelompok pemuda yang anti-narkoba di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, perbanyak downstream duta-duta yang intense membuat kegiatan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dengan contoh akibat penyalah gunaan narkoba, penegakan hukum yang tegas terhadap penyedia, pengedar, dan pengguna,” saran rektor

Selain Rektor Unsri, hadir sebagai narasumber yaitu, Kepala BNNP Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Direktur Reserse Narkoba Provinsi Sumsel, Ketua MUI Provinsi Sumsel, dan Duta Anti Narkoba Provinsi Sumsel.

Di kesempatan itu juga dilakukan pemilihan Duta Anti Narkoba Kabupaten/Kota Se - Sumatera Selatan.(Ara)





Top