FISIP Unsri dan TVRI Sumsel Gelar Political Series `Satu Tahun Implementasi Kampus Merdeka: Kiprah Unsri Mewujudkan Insan Unggul Nusantara`

23 December 2021 / 19:31:52 | posted by humas_unsri | category: Berita

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (FISIP Unsri) bekerjasama dengan TVRI Sumatera Selatan menggelar acara Political Series "Satu Tahun Implementasi Kampus Merdeka: Kiprah Unsri Mewujudkan Insan Unggul Nusantara" yang digelar di Aula Fakultas Ekonomi Unsri Indralaya, Kamis (23/12/2021).

Political Series merupakan program gelar wicara yang berisi dialog dari berbagai narasumber untuk berbagi ilmu dan pengetahuan di bidang sosial, politik, kebijakan publik, komunikasi, dan hubungan internasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran serta literasi publik terhadap berbagai fenomena-fenomena sosial dan politik yang ada di Indonesia. 

Prof. Dr. Alfitri, MSi selaku Dekan FISIP Unsri mengungkapkan, Political Series tidak hanya membawa FISIP, tetapi Unsri sebagai universitas yang peduli terhadap persoalan-persoalan publik. Dikatakannya bahwa Political Series akan menjawab bagaimana nanti akan lahir pemikiran-pemikiran mengenai apa yang menjadi pemecahan masalah masyarakat Sumatera Selatan. 
“Oleh sebab itu Political Series akan menjadi sharing, diskusi, pendapat, kritik, dan lain-lain untuk mendapatkan solusi terbaik, sehingga bisa menjadi tandem pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa kita,” ujar Prof Alfitri yang juga menjadi narasumber pada kegiatan itu.

Dirinya berharap Political Series bisa menjadi perekat semua fakultas karena narasumber diambil dari berbagai fakultas sehingga mahasiswa dari semua fakultas yang ada di Unsri diharapkan bisa berkontribusi untuk mewujudkan satu target bahwa Unsri bisa memberikan solusi bagi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh public. Menurutnya inilah guna Political Series yang akan direncanakan setiap 3 bulan sekali.
“Kaitannya dengan mata kuliah, kegiatan ini ditopang dengan dukungan laboratorium komunikasi sengaja menggandeng TVRI Sumatera Selatan agar TV Unsri bisa berkolaborasi, saling sharing, saling menimba ilmu dalam penguatan pengalaman di dalam bidang broadcast,” pungkasnya.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diberi tema FISIP Unsri: 38 tahun Mencerdaskan Bangsa yang menghadirkan dosen, mahasiswa, dan alumni FISIP Unsri sebagai narasumber. Adapun narasumber pada sesi pertama yaitu, Prof. Dr. Alfitri., M.Si (Dekan FISIP Unsri), Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Ketua Program Studi Doktor Administrasi Publik FISIP Unsri), Drs. Sukirman., M.Si (Kepala Stasiun TVRI Sumatera Selatan), Dr. M.H. Thamrin., M.Si (Dosen FISIP Unsri), Rudi Irawan Ishak, S.Sos., M.Si (Ketua IKA FISIP Unsri), dan Ikbal Santoso (BEM FISIP Unsri) yang dimoderatori oleh Annada Nasyaya dan Fio Alfaruq.

Sementara pada sesi kedua yang diberi tema “Satu Tahun Implementasi Kampus Merdeka: Kiprah Unsri Mewujudkan Insan Unggul Nusantara” menghadirkan Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan Unsri untuk memberikan refleksi terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di lingkungan Universitas Sriwijaya.

Adapun narasumber pada sesi kedua yaitu, Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, PhD. IPU (Wakil Rektor Bidang Akademik), Iwan Stia Budi, SKM. MKES (wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan), Prof. Dr. Alfitri, MSi (Dekan FISIP), Dr. Ir. A. Muslim, M.Agr (Dekan Fakultas Pertanian), Prof. Mohammad Adam, SE. ME. CFP. QWP (dekan Fakultas Ekonomi), dan Hermansyah, SSi.  MSi. PhD (Dekan FMIPA) yang dimoderator oleh  Sari Mutiara Aisyah dan Swarna Rahmat Putra.

Acara ini juga turut dimeriahkan dengan adanya berbagai hiburan berupa Musik performance yang dibawakan oleh UKM Harmoni Unsri, Dance performance yang dibawakan oleh UKM Fakultas Sanggar Seni FISIP (UKMF SSF) dan stand up comedy yang dibawakan oleh rekan komunitas Komika Palembang. (Yo/Ara)





Top