Unsri Terima Kunjungan Perwakilan TCI Bahas Peluang Kerjasama

20 April 2022 / 18:29:01 | posted by humas_unsri | category: Berita

Universitas Sriwijaya (Unsri) menerima kunjungan perwakilan Taiwan Center Indonesia (TCI). Kunjungan diterima langsung oleh Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng. di Ruang Rapat 1 KPA Unsri Kampus Palembang, Selasa (19/4/2022).

Kunjungan dua orang Perwakilan TCI yaitu Arief Misbahul MBM dan Syarbini Syamsuddin tersebut dalam rangka membahas peluang kerja sama pendirian Taiwan Center/ Taiwan Studies/ lembaga kerjasama lainnya di Unsri.

Pada kesempatan itu Arief Misbahul memaparkan beberapa hal terkait kerjasama dan sekolah Taiwan diantaranya tentang arus investasi Taiwan di Indonesia, program beasiswa Taiwan, kelebihan sekolah Taiwan yang bisa belajar sambil bekerja, dan beberapa sumber pembiayaan kuliah S1 Taiwan. “Sumber pembiayaan kuliah S1 Taiwan dari subsidi orang tua yang hanya diawal perkuliahan, selain itu ada beasiswa dan kerja part time,” ujar Arif dalam paparannya.

Rektor Unsri dalam sambutannya mengatakan bahwa Taiwan sudah lama berkomunikasi dengan Unsri sejak dirinya masih menjabat Wakil Rektor 3 sampai Wakil Rektor 1 namun sifatnya informal. "Saya sampaikan bahwa Taiwan ini sudah lama kita berkomunikasi tapi sifatnya informal dari saya WR 3 sampai saya WR 1 Taiwan sudah beberapa kali nawari kerjasama. Berjalannya waktu kita kerjasama justru dengan Taiwan ini mempelajari tentang Sriwijaya transportasi laut sriwijaya dimana mereka ini tau posisi pelabuhan kerajaan sriwijaya yang kita sendiri tidak tahu, saya dapat paparannya waktu itu. Taiwan ini sebenarnya sudah lama dan saya lihat kemajuannya sangat pesat, majunya Taiwan ini tentunya kita manfaatkan," ujar Rektor.

Lebih jauh Rektor menyampaikan bahwa Unsri mempunyai banyak kampus. Di palembang terdapat lima tempat kemudian di tahun 1984 Unsri mendapat lahan baru di Indralaya dengan luas 760 Hektar. Unsri mempunyai 10 fakultas dan juga mengembangkan riset. Menurutnya saat ini joint dengan internasionalnya sudah cukup bagus diantaranya dengan Jepang, Amerika dan yang paling banyak dengan Sout East Asia, Malaysia, serta Thailand. Rektor berharap kedepan dengan Taiwan, dengan Perguruan Tinggi - Perguruan Tinggi ataupun dengan lembaga riset dapat melakukan kerjasama atau joint riset.

"Mudah mudahan kedatangan pak arif dan pak Syarbini akan membawa kita lebih erat lagi dengan Taiwan sekaligus karena pak Arif perwakilan Taiwan Center kami menitipkan nanti kalau berhubungan kesana tolong dipantau terus. Mudah-mudahan nanti apa yang kita inginkan membawa anak bangsa kita menjadi hebat, menjadi pemicu percepatan pengembangan anak anak bangsa kita. 
Saya selaku rektor menyampaikan terimakasih Insya Allah yang lain silahkan sampaikan peluang-peluang yang bisa kita kerjasamakan. Saya ucapkan terimakasih atas kesudian pak Arif datang ke Unsri dalam rangka mempererat silaturahim. Mudah2an pertemuan kita hari ini dapat keberkahan dari Allah Subhanahu wataala," tutup Rektor.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Kepala Lembaga, Direktur Program Pascasarjana, para Dekan, Direktur Badan Pengelola Usaha (BPU), Kepala UPT Pusat Pengembangan Karir, Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) di lingkungan Unsri.(Ara)





Top