Unsri – UTM Perpanjang Nota Kesepahaman

11 June 2022 / 07:52:08 | posted by humas_unsri | category: Berita

Universitas Sriwijaya (Unsri) dengan University Teknologi Malaysia (UTM) memperpanjang masa kerjasama. Para pihak setuju untuk memperbarui ketentuan Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada tanggal 09 Agustus 2017 dan berakhir pada tanggal 08 Agustus 2022. Penandatanganan perpanjangan naskah kerjasama oleh Rektor Unsri,  Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, MSCE. IPU, Asean Eng. dan UTM Vice-Chancellor, Prof. Datuk. Ts. Dr. Ahmad Fauzi Ismail di  Lt. 8 Gedung FH Tower Unsri kampus Bukit Besar Palembang, Jumat (10/6/2022). 

Dalam sambutannya Rektor Unsri menceritakan hubungannya denga UTM yang telah memiliki jasa yang sangat besar terhadap Unsri terutama saat berdirinya Fakultas Ilmu Komputer Unsri. “Ada satu hal yang jarang diungkap bahwa kita mempunyai 10 fakultas di Universitas Sriwijaya ini, ada fakultas number nine berdirinya dengan syarat. Pada masa itu saya baru sekolah di UTM, kementerian menutup pendirian fakulty. Pada masa itu rektornya adalah Profesor Zainal Ridho Djafar, tapi Dirjennya Pak Satrio masih membuka peluang sedikit. Silahkan buka fakulty asalkan ada jaminan perguruan tinggi di luar yang masuk 500 dunia yang akan mendampingi. Ini tidak pernah ada yang tahu. Kebetulan di sana UTM sudah 350. Saya bincang sama Prof Zaki yang senior saya. Saya bilang sama Prof Zaki, Prof Zaki support. Akhirnya menghadaplah Datuk NC pada masa itu Pak Zulkifli. Beliau juga siap untuk mendampingi akibatnya apa? Kita buat MoU Dirjennya Pak Satrio pada masa itu tidak bisa lagi bicara karena sesuai janji dia. Ini real berdirilah fasilkom itu. Pada masa itu kita mendirikan sekaligus kita menyiapkan dosen-dosen pensarah yang kita bawa ke sana. Saya yang mengurusnya waktu itu jadi pengurusi. Student pengrusi juga sehingga betul-betul UTM dengan ikhlas dan tulus ingin Universitas Sriwijaya ini maju berdirilah Fasilkom tahun 2003 atau 2004. Oleh karena itu Bapak ibu sekalian ini bagi saya merupakan sesuatu yang bukan lagi sembarang, bukan sembarang kerjasama yang sains saja itu. Pada masa itu saya ingat betul Datuk Zulkifli berpesan, ‘saya tidak mau menandatangan MOU yang hanya MoU, sesudah itu senyap katanya’. Sudah terlalu banyak, sudah letih tangan ini, saya ingin yang real. Itulah pertama Universitas Sriwijaya itu betul-betul menjadi keluarga University Teknologi Malaysia,” kenang Rektor Unsri.

Setelah agenda utama penandatangan Naskah Kerjasama, dibuka diskusi tentang kemungkinan-kemungkinan dilakukan kerjasama. Beberapa Dekan Fakultas antara lain Dekan FKIP, Pertanian, Kedokteran, Ekonomi, Mipa, Fisip dan lainnya menyampaikan program- program yang dapat dikerjasamakan.

Delegasi UTM yang turut hadir pada penandatanganan MoU, Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail, Naib Canselor; Prof. Dr. RasliMd. Ilyas, Timbalan Naib Canselor Penyelidikan dan Inovasi; En. Jaffrey Samsul Bahrin, Timbalan Pendaftar Ketua Pentadbiran Canseleri; Cik Rohaizan Khairul Anwar, Timbalan Pendaftar Hal Ihwal Korporat; En. Nurul Amrie Abdullah, Pegawai Khas Kepada Naib Canselor; Dr. Muhammad Ab. Hadi Bunyamin, Eksekutif Penyelidik Pejabat Naib Canselor; Prof. Dr. M. Zaki bin Kamsah Pengerusi Bahagian Pemajuan, Jabatan Timbalan Naib Canselor Pembangunan UTM; Prof. Madya Dr. Mohd Hisyam Bin Rasidi, Penyarah UTM Alumni. Sementara dari internal Unsri hadir Wakil Rektor 1, 2, 3, dan 4, para Dekan, Wakil Dekan, Direktur Pasca, Ketua SPI, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Unit, dan Koordinator Prodi. (Yo)





Top