Rektor Unsri Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak

24 June 2022 / 11:28:41 | posted by humas_unsri | category: Berita

Sidang terbuka senat Universitas Sriwijaya (Unsri) dalam rangka pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ir. Armina Fariani, M.Sc Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak di selenggarakan di Gedung Serbaguna Program Pascasarjana Unsri Kampus Palembang, Jumat (24/6/2022).

Prof Armina dalam pidato pengukuhannya berjudul “ Strategi Peningkatan Produksi Sapi Potong di Indonesia” memaparkan bahwa peningkatan populasi sapi dan produksi daging dalam rangka memenuhi kebutuhan daging di dalam negeri, diperlukan upaya keras dengan melibatkan seluruh komponen, baik peternak sebagai pelaku usaha, pemerintah sebagai pemegang regulasi, perbankan sebagai penyedia modal, serta akademisi sebagai penyedia teknologi.

Lebih jauh Prof Armina menambahkan, peternakan rakyat dengan skala usaha kecil perlu didorong dan dikembangkan menjadi usaha berskala menengah dengan orientasi bisnis. Diperlukan juga pengembangan kawasan peternakan sapi potong yang terintegrasi dengan memperhatikan ketersediaan lahan, potensi sumber daya alam dan kondisi sosial masyarakat setempat.

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. ASEAN Eng mengatakan dengan dikukuhkannya Prof Armina jumlah Guru Besar saat ini menjadi 138 orang, sementara yang aktif berjumlah 69 Guru Besar. “Guru besar adalah posisi pendidikan yang tertinggi di mana untuk mendapatkan gelar guru besar tidak mudah dengan banyak syarat yang harus dipenuhi yang setiap tahun oleh Kementerian kita ditingkatkan persyaratannya. Oleh karena itu kita berharap yang sudah siap untuk mendapat jabatan guru besar maka bersegeralah diusulkan ke pimpinan Universitas Sriwijaya selanjutnya setelah mendapatkan guru besar kami harapkan kita bersama-sama mengkonsentrasikan potensi dan tenaga untuk kemajuan Universitas Sriwijaya.

Kepada Prof. Dr. Ir. Armina Fariani, M.Sc kita patut mengucapkan salut dan selamat karena telah berhasil mencapai jenjang ini saya juga berharap agar menjadi contoh bagi kita semua para sahabat yang yang saat ini berada di Universitas Sriwijaya yang sudah layak untuk menjadi guru besar dan semoga apa yang kita cita-citakan mendapat ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Rektor. (Ara)





Top