Welcome to Program Studi

S3 Pendidikan Matematika

Bahasa :

MEMANFAATKAN PLATFORM PENDIDIKAN ONLINE UNTUK PEMBELAJARAN NUMERASI KEPADA CALON GURU SD

single

Program Doktor Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya merayakan wisuda doktor baru di bidang pendidikan matematika. Jayanti, M.Pd., berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang terbuka pada 9 Januari 2024.
Dibimbing oleh tiga orang Guru Besar Pendidikan Matematika FKIP UNSRI yaitu Prof. Zulkardi, MI Komp., M.Si. selaku Promotor, Prof. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si. selaku Ko-Promotor 1, dan Prof. Dr. Yusuf Hartono sebagai Ko-Promotor 2, Jayanti mengangkat topik disertasinya yang berjudul “Pengembangan Lingkungan Belajar Numerasi Berbasis E-Learning Kampus Merdeka Bagi Calon Guru Sekolah Dasar”. Penguji internal dalam sidang terbuka ini adalah Dr. Somakim, M.Pd. dan Dr. Darmawijoyo. Sedangkan penguji eksternal adalah Prof. Sugiman, M.Si. dari Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalam sidang terbuka, Jayanti mengaku penelitiannya telah menghasilkan lingkungan pembelajaran numerasi dengan model CIS (Campus, Internet, School) yang valid dan praktis dengan ciri-ciri sebagai berikut: Kampus, terdiri dari 3 kali pertemuan mengenai pelatihan terkait PNRI, Numeracy dan PISA, 2 pertemuan simulasi yang membahas konten geometri dalam konteks pariwisata Kota Palembang dan konten statistik dalam konteks kesehatan pada masa COVID-19; Bantuan internet berupa pendampingan dalam 4 kali pertemuan dibantu platform pembelajaran online, terdiri dari e-sisfo, website, flipbolder, canva, paddlet, dan mentimeter; Sekolah terdiri dari 6 kali pertemuan melalui 6 kegiatan di SDN 91 Palembang dan SD IBA Palembang. Selain itu, lingkungan belajar yang dihasilkan menunjukkan efek potensial berdasarkan lima level Guskey.
Produk penelitiannya antara lain 1 artikel Scopus Infinity Journal, 3 artikel AIP Conference Proceedings Series (termasuk dalam The 6th PROFUN-EDU, The 12th ICMSCE 2021, The 5th SULE-IC 2022), 2 artikel jurnal terakreditasi nasional (Jurnal Inomatika dan Jurnal Pendidikan Matematika RAFA) , 2 buku berISBN (Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning dan Pengembangan Pembelajaran Numerasi Matematika SD Berbantuan E-Learning), Sertifikat Hak Cipta Buku, Teknologi Tepat Guna dalam bentuk Website.