Ilmu Komputer

Ilmu Komputer

Sejarah

SEJARAH FAKULTAS ILMU KOMPUTER :

Program pendidikan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT, Information and Communication Technology) di Universitas Sriwijaya dimulai saat Unsri  menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan profesional dalam bidang ilmu komputer di Pusat Komputer Universitas Sriwijaya tahun 1985.  Tiga tahun kemudian Unsri mulai mengirimkan beberapa dosen untuk mengikuti pendidikan S2 di bidang teknologi informasi dan komunikasi baik di dalam maupun di luar negeri.

Rencana untuk membuka Program Diploma Komputer di Unsri secara intensif mulai dibicarakan pada bulan Juli 2002. Keseriusan rencana ini telihat saat dibentuknya  panitia persiapan pendirian Program  Diploma Komputer pada bulan Oktober tahun itu juga. Panitia ini sempat mengalami pergantian ketua dari Prof. Dr. Zulkardi, M.Ikom., M.Sc. yang diangkat menjadi Kepala Kantor Kominfo Pemprov Sumsel, kepada Drs. Saparudin, M.T. yang saat itu menjabat Ketua UPT Pusat Komputer Unsri. Dengan komitmen pimpinan dan kerja keras panitia, pendirian Program Diploma Komputer Unsri dapat diwujudkan pada bulan Agustus 2003 melalui surat izin Dirjen Dikti nomor 2275/D/T/2003 tanggal 5 September 2003. Pada tahun akademik 2003/2004, Program Diploma Komputer Unsri mulai menerima mahasiswa baru untuk tiga program studi, yakni Manajemen Informatika jenjang DIII, Teknik Komputer jenjang DIII, Komputerisasi Akuntansi jenjang DIII. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya nomor 2984 RT/PT11.1.1/E/2003 tanggal 8 September 2003. Program Diploma Komputer Unsri menyelenggarakan program studi Manajemen Informatika jenjang DI.  Direktur Program Diploma Komputer dijabat oleh Drs. Saparudin, M.T. Kegiatan administrasi, organisasi, manajemen, akademik dan kemahasiswaan sepenuhnya dilaksanakan di Kampus Bukit Besar Palembang yang prasarana fisiknya eks Gedung Seminar Unsri di Bukit Besar Palembang yang telah direnovasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta semakin meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja di bidang teknologi informasi, pada tahun akademik 2005/2006 berdasarkan persetujuan Ditjen Dikti nomor 2838/D/T/2005 tanggal 8 Agustus 2005, Unsri membuka dua program studi S1, yaitu Teknik Informatika dan Sistem Komputer. Kedua program studi S1 ini dinamakan Program Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya dengan Direktur Drs. Saparudin, M.T., Asisten Direktur I Ir. Bambang Tutuko, M.T. dan Asisten Direktur II Erwin, S.Si., M.Si. Ketua dan Sekretaris Program Diploma Komputer dijabat masing-masing oleh Dr. Darmawijoyo, M.Si. dan Samsuryadi, S.Si., M.Kom; dan Ketua Program Studi S1 dijabat oleh Ahmad Fali Oklilas, S.T., M.T., sedangkan Ketua Program Studi DIII dijabat oleh Jaidan Jauhari, S.Pd., M.T. Kegiatan perkuliahan kedua program S1 ini dilakukan sepenuhnya di Kampus Indralaya. Satu tahun kemudian Program Ilmu Komputer Unsri kembali menambah program studi S1 Sistem Informasi melalui izin Ditjen Dikti nomor 1919/D/T/2006 tanggal 13 Juni 2006. Pada tahun yang sama Program Ilmu Komputer Unsri juga membuka kelas unggulan Teknik Informatika Bilingual yang menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan yang diselenggarakan di Kampus Bukit Besar.

Setelah mempelajari naskah akademik yang berupa evaluasi diri dari Program Ilmu Komputer dan Program Diploma Komputer Universitas Sriwijaya, dan proposal pendirian Fakultas Ilmu Komputer, Dirjen Dikti pada tanggal 22 Februari 2006 menerbitkan surat izin nomor 783/D/T/2006 tentang pembukaan Fakultas Ilmu Komputer Unsri dengan sistem pengelolaan secara swadana dan swakelola.

Prinsip swakelola dan swadana seperti yang tercantum di dalam surat izin Dirjen Dikti Depdiknas. Berdasarkan prinsip tersebut, Fakultas Ilmu Komputer UNSRI dikelola secara otonomi dengan mengedepankan aspek efisiensi, produktifitas dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan organisasi dan manajemen tata kelola fakultas. Peningkatan yang terus menerus (continuous improvement) terhadap mutu, daya saing dan relevansi dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Setelah beberapa kali rapat Senat Universitas Sriwijaya, akhirnya pada tanggal 1 Desember 2006, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya resmi berdiri. Setelah diresmikan, dan tanggal 1 Desember 2006 ini setiap tahun diperingati sebagai tanggal Dies Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Enam program studi yang ada dikelompokkan ke dalam tiga jurusan. Program Studi DIII Teknik Komputer secara akademik berada di bawah Jurusan Sistem Komputer, sedangkan Program Studi DIII Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi berada di bawah Jurusan Sistem Informasi. Sebelum terbentuknya Senat Fakultas, Dekan Fakultas Ilmu Komputer dijabat sementara oleh Rektor Unsri. Setelah terbentuknya Senat Fakultas Ilmu Komputer, Dekan pertama Fakultas Ilmu Komputer terpilih melalui rapat Senat Fakultas yaitu Drs. Saparudin, M.T. dengan Pembantu Dekan I Ir. Bambang Tutuko, M.T., Pembantu Dekan II Erwin, S.Si., M.Si., dan Pembantu Dekan III Samsuryadi, S.Si., M.Kom. Pada periode saat ini 2016 s.d. 2020 jabatan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya adalah Jaidan Jauhari, M.T., Wakil Dekan Bidang Akademik Samsuryadi, M.Kom., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Mgs. Afriyan Firdaus, M.IT., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fathoni, S.T., MMSI.

Pada tahun akademik 2008/2009 Fakultas Ilmu Komputer UNSRI membuka kelas unggulan Sistem Informasi Bilingual dan membuka 2 (dua) kelas profesional, yaitu Sistem Informasi Profesional dan Sistem Komputer Unggulan. Dan pada tahun akademik 2015/2016 Berdasarkan Kepmenristekdikti Nomor 26/M/Kp/III/2015 tanggal 20 Maret 2015 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika Program Magister dan Keputusan Rektor Nomor: 135/UN9/DT.Kep/2015 tanggal 10 April 2015 tentang pembukaan dan pedoman penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika Program Magister, Fakultas Ilmu Komputer UNSRI membuka program pendidikan pasca sarjana yaitu program studi Magister Teknik Informatika. Dan mulai tahun 2019, sesuai nomenklatur dari kemenristekdikti, Program Studi Teknik Informatika program magister berubah nama menjadi Program Studi Ilmu Komputer program magister.

Visi Misi dan Tujuan

VISI, MISI dan TUJUAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER :

 

Visi :

"Fakultas Ilmu Komputer Unsri pada tahun 2025 merupakan institusi pendidikan berdaya saing global yang berbasis penelitian inovatif dan kompetitif dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi".

 

Misi :

      1. menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas tinggi;
      2. Menyelenggarkan penelitian inovatif dan kompetitif;
      3. Menyelenggarkan pengabdian pada masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi;
      4. Melaksanakan manajemen perguruan tinggi modern;
      5. Menciptakan organisasi yang kondusif dan efektif berbasis kerja tim.

 

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlak mulia, mandiri dan menguasai ilmu pengetahuan bidang informasi, komunikasi dan teknologi Publikasi, laporan, model dan piranti lainnya sebagai hasil penelitian dan upaya pengabdian masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pengembangan TIK di Indonesia serta untuk mengembangkan TIK ke tingkat yang lebih tinggi ;
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan bidang informasi, komunikasi dan teknologi yang unggul, tepat guna melalui penelitian Inovatif ;
  3. Berperan serta dalam menyelesaikan permasalahan sosial dan pembangunan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dalam bidang informasi, komunikasi dan teknologi ;
  4. Menciptakan atmosfir akademik untuk mendorong mahasiswa kreatif, adaptif dan memiliki karakter yang sesuai dengan tuntutan globalisasi ;
  5. Melaksanakan kerjasama dengan mitra kerja regional, nasional maupun internasional dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang informasi, komunikasi dan teknologi ;
  6. Meningkatkan kualitas sistem manajemen yang profesional, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel ;
  7. Meningkatkan citra dan layanan publik.

Pimpinan

#

Dekan

Jaidan Jauhari, S.Pd., M.T.

#

Wakil Dekan I

Julian Supardi, S.Pd., M.T.


#

Wakil Dekan II

Mgs. Afriyan Firdaus, S.Si. M.IT.

#

Wakil Dekan III

Fathoni, S.T., MMSI.

Kontak

No.Telpon  :  (0711) 379249
Fax  :  (0711) 379248
Website  :  http://ilkom.unsri.ac.id/

Top