>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :
logo

Mahasiswa PSPPI Unsri Ikuti Kuliah Umum Kode Etik dan Etika Keinsinyuran Profesionalisme

Sebanyak 93 Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Sriwijaya (Unsri) mengikuti kuliah umum tentang kode etik dan etika keinsinyuran profesionalisme. Hadir sebagai narasumber, Dr. Ir. Eden Gunawan, MM., IPU., ASEAN Eng selaku Ketua Komite Pengembangan Organisasi PII Pusat dan Direktur Industri Produk Halal KDEKS. Kuliah umum tersebut di selenggarakan secara hybrid di Ruang Djuaini Moekti Lembaga Bahasa Unsri Kampus Palembang, Sabtu (17/2/2024). 

Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah ini dikoordinir dengan sangat baik oleh Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. MKU. ASEAN Eng. APEC Eng. Dikatakannya Prof Anis tidak hanya membekali para mahasiswanya dengan dosen - dosen lokal yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dan dosen lokal yang ada di Unsri, tetapi juga mengundang para ahlinya atau para pakar sehingga bisa membekali para mahasiswa agar memiliki kompetensi sesuai dengan profesi insinyurnya.

"Saya selaku Rektor Universitas Sriwijaya menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber yang bersedia hadir untuk memberikan ilmunya kepada para mahasiswa. Tadi saya mengikuti lagu marsnya PII sangat-sangat baik sekali ada tiga hal yang saya catat yang pertama menjunjung tinggi integritas kemudian bekerja sungguh-sungguh dan bersemangat, kemudian berbuat yang baik dan terbaik, barangkali ini juga menjadi tujuan dari proses pembelajaran bagi mahasiswa yang nantinya akan menyandang gelar profesi insinyur," Ujar Rektor. 

Rektor berharap seorang insinyur yang nantinya bekerja di bidang apapun mempunyai integritas yang tinggi dan juga bekerja penuh dengan semangat serta bersungguh-sungguh. Rektor berpesan agar selalu berusaha melakukan yang terbaik yang ada di dalam diri. "Kalau sudah berbuat yang terbaik apa yang ada di kita, kita jadi plong, mengenai penilaian dari orang lain dipersilakan itulah yang terbaik yang bisa kita berikan.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada narasumber,  kepada ketua program yang telah mengelola program studi dengan baik, dan kepada mahasiswa selamat mengikuti perkuliahan pada hari ini. Carilah ilmu dari narasumber, silakan berdiskusi, silakan menggali apa-apa yang ada pada narasumber sehingga para mahasiswa nantinya setelah selesai dari program profesi insinyur ini benar-benar menjadi seorang insinyur yang profesional," Pungkas Rektor.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. MKU. ASEAN Eng. APEC Eng selaku Ketua PSPPI Unsri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rektor dan narasumber yang telah hadir pada kegiatan kuliah umum tersebut. Prof Anis menjelaskan bahwa PSPPI memang berada di bawah Universitas Sriwijaya yang masih menaungi empat fakultas yaitu Fakultas Tekhnik, Fakultas Pertanian, Fakultas Mipa dan FKIP.

"Saya sampaikan juga bahwa peserta PSPPI Angkatan Ke 4, sudah mulai kita menerima setiap semester. Kita ada kelas kerjasama, yang sudah menandatangani kerjasama ada 4 yaitu BPK, PT Pusri, Kab Muara Enim dan Kab Pali, jadi nanti semua kabupaten akan kerjasama dalam rangka melengkapi update sumber dayanya dalam memegang profesi insyinyur.

Harapan saya profesi insinyur ini nanti dengan narasumber yang beraneka macam baik dari dalam dan luar negeri, inshaAllah minggu depan itu dari malaysia akan mengisi kuliah kita, karena kita kerjasama dengan University Teknologi Malaysia. Saya sampaikan disini karena kalau bisa yang ada di Palembang nanti hadir disini, rugi kalau tidak hadir karena ketemunya kan susah, banyak ilmu yang bisa kita dapatkan nanti dari beliau," Ujar Prof Anis Saggaff.

Sebagai informasi sebelumnya mahasiswa PSPPI tersebut telah mengikuti masa orientasi dan mengikuti kuliah perdana yang dibuka oleh Rektor Unsri dan diikuti mahasiswa PSPPI Angkatan III dan IV. (Ara_Humas)