>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :
logo

Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya (FKIP UNSRI) mendapat kunjungan visitasi akreditasi Internasional dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Visitasi berlangsung selama dua hari pada tanggal 27 – 28 Februari 2024.

Hadir sebagai asesor yaitu Prof. Dr. Hans-Georg Weigand (University of Wurzburg), Dr. Meiliasari, S.Pd., M.Sc., (Universitas Negeri Jakarta), Alexandra Dreiseidler (Emil-Fischer Gymnasium in Euskirchen), Namirah Fatmanissa,Ph.D. (Student at Universitas Negeri Semarang), dan Dr. Andrea Kern (ASIIN representative).

Tim Asesor diterima oleh Wakil Rektor I UNSRI Prof. Dr. Ir. H. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr. bersama Dekan FKIP. Dr. Hartono, M.A beserta jajaran di Lantai II Gedung KPA Unsri Indralaya. Kegiatan pembukaan di awali dengan welcoming remark dari Rektor Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Taufik Marwa, S.E., M.Si. Dalam sambutannya Rektor  menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim asesor ASIIN dan berharap mudah-mudahan akreditasi ASIIN untuk Program Studi Pendidikan Matematika Program Sarjana, Master, dan Doktoral FKIP Unsri berlangsung sukses.

Selesai pembukaan, rangkaian acara visit ini diawali dengan pertemuan dengan Tim Koordinator Program Studi dan Perwakilan dari Rektorat, Dekan, dan Unit yang ada di lingkungan UNSRI. Pada pertemuan ini Wakil Rektor I menyampaikan program-program yang telah dilaksanakan di UNSRI dan pengembangannya kedepan dalam mencapai World Class University. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika, yaitu Weni Dwi Pratiwi, S.Pd., M.Sc. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika Program Bachelor, Dr. Hapizah, S.Pd., M.T. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika Program Magister, and Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Komp., M.Sc. selaku koordinator Program Studi Program Doktor. Pada sesi siang, tim Asesor berdiskusi dengan mahasiswa dan dilanjutkan dengan meninjau sarana dan prasarana UNSRI Kampus Inderalaya. Pada hari kedua on visit, tim asesor berdiskusi dengan perwakilan teaching staff Program Bachelor, Master, and Doctoral, dan juga mitra program studi.

Hari kedua dari visitasi ASIIN dilakukan di Gedung FKIP Bukit Besar dengan agenda asesor bersama dengan staff dosen pada program pendidikan matematika program sarjana, program magister dan program doktor. Sesi ini dilakukan untuk mengetahui proses perkuliahan, pemberian nilai, metode mengajar yang digunakan, workload/ beban kerja dosen, serta pengembangan karir dosen. Setelah sesi bersama dosen dilanjutkan dengan sesi bersama mitra/ stakeholder yang telah bermitra dan berkolaborasi dengan kluster pendidikan matematika, baik dalam pengajaran, penelitian maupun dalam pengabdian kepada Masyarakat. Setelah itu diadakan pertemuan untuk pihak pimpinan, asesor dan taskforce untuk pemberian feedback dari hasil interview dihari pertama dan kedua dari kegiatan Site Visit ASIIN.

Agenda site visit dihari kedua ditutup dengan Gala dinner yang dihadiri oleh rektor yang diwakili oleh wakil rector bidang akademik, Prof. Dr. Ir. H. Rudjito Agus Suwignyo, M.Agr. bersama Dekan FKIP. Dr. Hartono, M.A beserta jajaran, tim Asesor ASIIN, tim taskforce kluster pendidikan matematika, tim teknis dan mahasiswa UNSRI yang berpartisipasi dalam mengisi acara. Dalam Kata sambutannya sekaligus menutup serangkaian acara Site Visit ASIIN Prof. Dr. Ir. H. Rudjito Agus Suwignyo mengucapkan terimakasih kepada expert ASIIN atas segala masukan, saran untuk kemajuan UNSRI dan kluster pendidikan matematika ke depan untuk menjadi World Class University. Beliau juga akan memberikan apresiasi kepada program studi pada kluster pendidikan matematika apabila terakreditasi secara internasional. 

Selanjutnya dalam pidatonya yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hans-Georg Weigand, beliau mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan oelh UNSRI terhadap kehadiran asesor ASIIN ke Palembang. Dimana panitia sangat membantu dalam hal akomodasi, transportasi dan tim asesor sangat terkesan dengan kesiapan panitia dan acara. Kegiatan gala dinner ini juga merupakan ajang menampilkan kebudayaan Palembang, berupa tari tanggai, tari kreasi, oleh mahasiswa UNSRI. Acara Gala dinner ini merupakan penutupan acara dari serangkaian acara Site Visit ASIIN pada kluster pendidikan matematika FKIP UNSRI. (Rilis/Ara_Humas)