>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

Keluarga Besar Unsri Gelar Sholat Idul Fitri 1445 H di Mesjid An Nabawi Unsri Indralaya

Menyambut Hari Kemenangan, Keluarga besar Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar shalat Idul Fitri 1445 Hijriah dengan penuh khidmat di Masjid An - Nabawi Unsri kampus Indralaya, Rabu (10/4/2024).

Shalat Ied tersebut diikuti oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S. E., M. Si. bersama keluarga besar Unsri mulai dari pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) Inbound yang tidak mudik ke kampung halaman, serta diikuti juga oleh masyarakat yang berada di sekitar Unsri.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. MKU. ASEAN Eng. APEC Eng yang bersedia hadir sebagai imam dan khotib sholat Ied di Masjid An Nabawi Unsri. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Ustadz H. Rusli Naning selaku Bilal.

"Saya sangat-sangat bergembira kita bisa hadir untuk sholat Ied bersama-sama di Mesjid ini. Alhamdulillah cukup ramai diisi oleh para civitas akademika dan karyawan serta masyarakat di sekitar Unsri, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Perlu kami informasikan bahwa Mesjid An - Nabawi ini dibangun hampir memasuki tahun ke - 3 walaupun belum 100 persen selesai tapi sudah bisa kita manfaatkan untuk beribadah baik bagi Civitas Akademika dan karyawan Universitas Sriwijaya maupun bagi masyarakat umum yang ada di sekitar Masjid An - Nabawi Unsri ini. Untuk ke depannya silahkan civitas akademika Unsri dan karyawan serta masyarakat sekitar untuk beribadah di mesjid ini," Ujar Rektor.

Rektor berharap dari waktu ke waktu Masjid An - Nabawi semakin baik dan semakin layak untuk menjadi tempat beribadah dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Adapun sebagai Imam dan Khatib Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. MKU. ASEAN Eng. APEC. Eng (Rektor Unsri Periode 2015-2023). Dalam materi khutbahnya ia mengajak mensyukuri nikmat Allah SWT, menebar kebaikan, dan membangun Ukhuwah. "Pada hari yang penuh barokah, hari yang suci, hari yang fithri ini, saya mengingatkan kepada diri saya sendiri dan mengajak kepada Ma'asyirol hadirin wal hadhirot agar kita selalu menjaga keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benar iman dan taqwa," Ujar Prof Anis.

Lebih lanjut Prof Anis menyampaikan sungguh besar nikmat Allah SWT yang diberikannya tanpa kita minta, baik nikmat kesehatan, materi, fasilitas, nikmat silaturrahim, dan yang paling penting adalah nikmat iman. "Begitu besar kasih sayang Allah SWT kepada kita, tak terhitung bilangan nikmat dan karunia berpuluh-puluh tahun yang telah dilimpahkan - Nya kepada kita semua. Tidak ada alasan bagi kita semua untuk berpaling dari Allah SWT. Rasanya diri kita ini malu dan tiada berani menengadahkan wajah kita untuk memohon dan berdoa kepada - Nya. Jikalaulah kita mengingat-ingat dosa serta ke alpa-an kita kepada Allah SWT," Katanya.

Di penghujung khutbahnya, Prof Anis mengajak untuk selalu bermuhasabah dan kembali ke Fithrah. "Setelah melaksanakan ibadah puasa ramadhan, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan mensyukuri atas semua nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua," Ajaknya.

Sebelum menutup khutbahnya Prof Anis mengajak kita semua berdoa agar Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa dan kesalahan seluruh umat manusia. Semoga Allah SWT memberikan ridho dan barokah untuk kemajuan Universitas Sriwijaya, sehingga menjadi universitas yang akan menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul, menjadi insan yang berilmu, bertaqwa, dan berakhlaq mulia. (Ara_Humas)