>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :
logo

Peringatan Hardiknas Tahun 2024, Wakil Rektor I Sampaikan Prestasi Unsri

Universitas Sriwijaya (Unsri) melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” berlangsung dengan khidmat dan tertib di Lapangan Rektorat Unsri Kampus Indralaya, Kamis (2/5/2024).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Rujito Agus Suwignyo, M. Agr. sebagai pembina upacara menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. Dalam naskah pidatonya Mendikbudristek RI menyampaikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional dan mengajak terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.

Setelah membacakan sambutan Mendikbudristek RI, Wakil Rektor I menyampaikan beberapa informasi diantaranya tentang pelaksanaan ujian masuk SNBT yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia. "Bagi kita Unsri, ujian ini adalah ujian masuk yang pertama kali dilaksanakan di kampus Indralaya. Bapak Rektor mengambil kebijakan untuk melaksanakannya di Indralaya. Perangkat komputer baru telah disiapkan dan alhamdulilah pelaksanaan sesuai jadwal dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kita semua menyadari bahwa sesuai dengan tagline Bapak Rektor "UNSRI RUMAH KITA" kalau kita laksanakan bersama-sama, Insya Allah semuanya dapat terlaksana dengan baik," Ujar Prof Rujito.

Lebih lanjut Prof Rujito menyampaikan bahwa perjuangan Unsri sejak Maret 2022 lalu untuk menjadi PTN-BH sudah hampir memberikan hasil. Dikatakannya dokumen Peraturan Pemerintah tentang PTN-BH Unsri sudah di meja Presiden Jokowi. "Alhamdulillah kita sudah melewati proses evaluasi di Dikti, penyusunan RPP di Kemendikbudristek, serta pembahasan antar kementerian yaitu Kemendikbudristek, Kemkumham, Kemenpan RB, Kemenkeu, dan Setneg telah kita lewati dan kita dinyatakan lolos dan layak untuk menjadi salah satu PTN-BH di Indonesia. Insya Allah kita akan menjadi PTN-BH ke 22 atau 23 bersama UNJ Jakarta," Ujarnya.

Sebelum menutup sambutanya, Wakil Rektor I menyampaikan prestasi yang di raih Unsri. Di hadapan peserta upacara ia mengatakan bahwa baru-baru ini Unsri mendapat kehormatan dari hasil evaluasi perangkingan dalam system Times Higher Education - World University Rangking, Unsri mendapat rangking 1501 di dunia, rangking 601 di tingkat Asia, dan urutan 21 di Indonesia. 

Dalam perangkingan Scimago Institution Rangkings beberapa bidang ilmu, Unsri menduduki rangking top ten di Indonesia yaitu, nomor 1 Bidang Ilmu Biochemistry, Genetics and molecular biology, nomor 4 Bidang Ilmu Chemistry, nomor 6 Bidang Ilmu Matematika, dan nomor 9 Bidang Ilmu Medicine. "Mari kita ucapkan selamat atas keberhasilan ini dan semoga kedepan bidang ilmu lainnya juga akan menjadi top ten di Indonesia," Pungkas Prof Rujito.

Upacara ini diikuti oleh Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris SPI, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Program Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris LPPM dan LP3MP, Kepala BAK, BUK, dan BPHM, Direktur BPU, Kepala UPT, Dosen, dan Pegawai di lingkungan Unsri.(Ara)