>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :
logo

Sambut Mahasiswa Baru, Unsri Gelar PKKMB Tahun Akademik 2022/2023

Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2022/2023. Pembukaan upacara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru tersebut dilaksanakan secara daring dan luring bertempat di Gedung FH Tower Unsri Kampus Bukit Besar Palembang, Selasa (9/8/2022).

Sebanyak 8668 mahasiswa baru mengikuti serangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 9-11 Agustus 2022. Mengingat kondisi penyebaran Covid 19 yang masih terjadi sampai dengan saat ini dan agar kampus tidak menjadi pusat penyebaran Covid 19 secara massive, maka Universitas Sriwijaya menggelar PKKMB Tahun Akademik 2022/2023 secara daring dan luring. 

Adapun rangkaian acara pembukaan upacara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru tersebut diantaranya yaitu Laporan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Ir. H. Zainuddin Nawawi, Ph.D., IPU, dilanjutkan dengan pelantikan mahasiswa baru dan pemakaian jaket almamater secara simbolis oleh Rektor didampingi Wakil Rektor I, II, III dan IV, kemudian pengucapan ikrar Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya, dilanjutkan dengan penyerahan daftar nama Mahasiswa Baru dari Rektor kepada Dekan Fakultas dan Direktur Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, pemutaran video sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, sambutan Rektor Universitas Sriwijaya sekaligus pengenalan pimpinan Universitas Sriwijaya, sambutan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M. yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. H. Reza Fahlevi, MM. Kmudian acara ditutup dengan pidato tentang “Pembudayaan dan Pemberdayaan Masyarakat Bebas Korupsi Oleh Perguruan Tinggi“disampaikan oleh Jaksa Agung  Republik Indonesia, Dr. ST. Burhanuddin, SH., MM.

Sebagai informasi, calon mahasiswa yang memilih Universitas Sriwijaya, dan mengikuti proses seleksi dinyatakan lulus serta melakukan registrasi ulang sebagai mahasiwa baru Universitas Sriwijaya Tahun Akademik 2022/2023 terdiri dari Program S1 sebanyak 7566 orang, Program S1 Alih Program sebanyk 63 orang, Program Profesi (PPAk) sebanyak 9 orang, Program Pascasarjana sebanyak 657 orang, Program Diploma III sebanyak 267 orang, dan PPDS sebanyak 106 orang.

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. ASEAN Eng. dalam arahannya menyampaikan bahwa acara PKKMB adalah acara kekeluargaan dan persaudaraan, acara yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan. Rektor menyebutkan acara PKKMB sudah terjadwal mulai dari tanggal 9-11 Agustus 2022. Dirinya menegaskan tidak boleh ada acara lain yang mengatasnamakan PKKMB. “Tidak boleh ada perpeloncoan, pelecehan, perundungan, eksploitasi. Tidak boleh ada acara lain yang mengatasnamakan PKKMB apalagi di luar kampus yang menyuruh adik-adik mahasiswa hadir agar itu tidak dilayani dan tidak dituruti, jika ada yang masih memaksa laporkan ke koordinator prodi, jurusan, dekan, wakil dekan, wakil rektor atau biro BAK. Tidak ada lagi kegiatan-kegiatan lain setelah PKKMB berakhir tanggal 11 Agustus 2022 dan mulai tanggal 12 Agustus sudah memasuki masa persiapan kegiatan akademik,” tegas Rektor.

Rektor berharap kegiatan PKKMB ini menjadi wahana penanaman 5 program gerakan nasional revolusi mental yaitu, Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia Mandiri dan Indonesia bersatu. “Selamat datang adik-adik, selamat menjadi anggota keluarga besar Universitas Sriwijaya. Selamat menjadi mahasiswa yang cerdas, kreatif, inovatif, beretika, dan berakhlaq mulia, kita selalu berdoa Allah SWT memelihara dan meridhoi kita semua,” tutup Rektor. (Ara)