Welcome to Program Studi

S3 Pendidikan Matematika

Bahasa :

MATEMATIKA DALAM KONTEKS MARITIM

single

Malalina merupakan doktor baru program doktor pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya. Ia telah mempertahankan disertasinya pada sidang ujian terbuka pada Senin, 31 Juli 2023. Ia memaparkan penelitiannya di bawah bimbingan Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, Prof. Dr. Zulkardi, MIKom, M.Sc dan Dr. Yusuf Hartono. . Sidang terbuka dipimpin oleh Dekan FKIP UNSRI, Dr. Hartono, MA
Pada sesi promosi, promovenda menggunakan konteks kelautan di Sungai Musi dan Sungai Batanghari, sebagai konteks penelitian bersama tim penguji Dr. Sri Adi Widodo, M.Pd. dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Dr. Hapizah, MT. dan Dr. Ely Susanti, M.Pd dari Universitas Sriwijaya. Selain itu, acara promosi juga dihadiri oleh pihak keluarga, Ketua Dewan Perguruan Tamansiswa Cabang Palembang, Rektor, Ketua Badan Penjaminan Mutu, Dekan FKIP, Dekan Pertanian Universitas Tamansiswa Palembang.
Dalam disertasinya, promovenda membuat bahan ajar matematika konteks kelautan di Sungai Musi dan Sungai Batanghari. Fokus utamanya adalah pada aktivitas pelayaran dan perdagangan di kedua sungai tersebut. Dalam bahan ajar ini siswa diajak untuk memahami materi matematika melalui penerapan konteks yang ada di lingkungan perairan khususnya di dua sungai tersebut.
Pembelajaran matematika diharapkan berkaitan dengan lingkungan siswa, sehingga siswa dapat memahami materi matematika di SMP. Bahkan dikatakannya guru matematika dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sarana untuk memahami materi matematika secara lebih konkrit.