Landasan utama Fakultas MIPA dalam mendukung UNSRI menuju universitas kelas dunia
dan sesuai Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) 2019-2039, maka untuk pendidikan
dan pengajaran sesuai kekhasan pendidikan di UNSRI. Oleh karena itu dalam penyelenggaraan
Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas MIPA menetapkan visi sebagai berikut: “Menjadi
Fakultas MIPA terkemuka berbasis riset yang unggul dalam sains dan teknologi”.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang sains, teknologi dan penerapannya;
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang sains, teknologi dan
penerapannya;
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sains,
teknologi dan penerapannya yang bermanfaat bagi umat manusia dan lingkungan;
4. Menyelenggarakan kerjasama yang strategis di tingkat nasional, regional dan
internasional;
5. Mewujudkan sistem manajemen yang profesional, efektif, efisien dan akuntabel.
Tujuan dari Fakultas MIPA adalah sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berkualitas, mandiri, menguasai sains,
teknologi dan terapannya;
2. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berkontribusi didunia kerja dalam
bidang sains, teknologi dan terapannya;
3. Menghasilkan pengetahuan empirik, teoritis dan konseptual dalam sains;
4. Menghasilkan teknologi unggul dan tepat guna;
5. Meningkatkan peran aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat;
6. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan
dunia industri.
SASARAN
Dalam mewujudkan setiap misi dan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Renstra FMIPA UNSRI merumuskan sasaran strategis sebagai berikut:
Misi 1: “Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang sains, teknologi dan penerapannya”
dengan sasaran strategis sebagai berikut: SS1. Terwujudnya Program Studi yang berdaya saing dengan kekhasan UNSRI SS2. Terwujudnya proses pembelajaran yang berstandar SNDikti dan internasional SS3. Terselenggaranya pendidikan bersama dengan stakeholder untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat SS4. Terwujudnya mahasiswa yang berdaya saing dan memiliki literasi bahasa, data, dan teknologi informasi SS5. Tersedianya infrastruktur, sarana, dan prasarana pendidikan yang mendukung keberlanjutan pengelolaan dan lingkungan 39 Misi 2: “Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang sains, teknologi dan penerapannya” dengan sasaran strategis sebagai berikut: SS6. Terwujudnya proses penelitianyang inovatif dan aplikatif dengan mengimplementasikan teknologi mutakhir SS7. Meningkatnya pemanfaatan produk hasil penelitian ke dalam dunia industri, pemerintah, dan masyarakat SS8. Tersedianya infrastruktur, sarana, dan prasarana penelitian untuk mendukung keberlanjutan pengelolaan dan lingkungan Misi 3: “Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sains, teknologi dan penerapannya yang bermanfaat bagi umat manusia dan lingkungan” dengan sasaran strategis sebagai berikut: SS9. Terwujudnya alumni yang berkontribusi dalam pelayanan dan penyelesaian permasalahan masyarakat, baik pada dunia industri, pemerintah, dan komunitas; SS10. Terwujudnya civitas akademika yang berperan dalam penyelesaian permasalahan masyarakat, baik pada dunia industri, pemerintah, dan komunitas; Misi 4: “Menyelenggarakan kerjasama yang strategis di tingkat nasional, regional dan internasional” dengan sasaran strategis sebagai berikut: SS11. Terwujudnya kerjasama untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat, baik pada dunia industri, pemerintah, dan komunitas. Misi 5: “Mewujudkan sistem manajemen yang profesional, efektif, efisien dan akuntabel” dengan sasaran strategis sebagai berikut: SS12. Terwujudnya pengelolaan institusi berbasis perencanaan terintegrasi SS13. Tersedianya sistem informasi yang berkualitas dan terintegrasi. 2.5 Program Kerja Dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan, maka Fakultas MIPA menyusun Program Kerja (PK) untuk mencapai setiap Sasaran Strategis (SS) sebagai berikut: SS1. Terwujudnya Program Studi yang berdaya saing dengan kekhasan UNSRI PK1. Peningkatan kualitas kurikulum berbasis kekhasan dan kompetensi. PK2. Pembukaan prodi baru berbasis kekhasan dan kompetensi. 40 SS2. Terwujudnya proses pembelajaran yang berstandar SNDikti dan internasional. PK1. Peningkatan jumlah Program Sudi terakreditasi Internasional. PK2. Peningkatan capaian standar pemeringkatan internasional. SS3. Terselenggaranya pendidikan bersama dengan stakeholder untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat. PK1. Peningkatan kompetensi profesi lulusan berdasarkan standar asosiasi/lembaga profesi. PK2. Peningkatan kompetensi profesi mahasiswa berdasarkan standar asosiasi/lembaga profesi. SS4. Terwujudnya mahasiswa yang berdaya saing dan memiliki literasi bahasa, data, dan teknologi informasi. PK1. Pembinaan karakter mahasiswa FMIPA UNSRI. PK2. Peningkatan kompetensi softskill mahasiswa yang menopang karir lulusan . PK3. Pembinaan mahasiswa menggunakan Bahasa Inggris. PK4. Peningkatan mahasiswa menguasai Internet and Computing Core Certification (IC3). PK5. Pembinaan mahasiswa memahami data dan menganalisis data. SS5. Tersedianya infrastruktur, sarana, dan prasarana pendidikan yang mendukung keberlanjutan pengelolaan dan lingkungan. PK1. Percepatan penyelesaian tugas akhir dan waktu studi mahasiswa. PK2. Peningkatan EcoManagement. PK3. Peningkatan nilai mahasiswa PK4. Peningkatan jumlah mahasiswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional. SS6. Terwujudnya proses penelitian yang inovatif dan aplikatif dengan mengimplementasikan teknologi mutakhir. PK1. Peningkatan kualitas publikasi dosen tetap FMIPA. PK2. Peningkatan kesiapan teknologi hasil riset untuk tindak lanjut ke arah pembentukan prototipe hasil riset. PK3. Peningkatan pengakuan property right hasil inovasi. SS7. Meningkatnya pemanfaatan produk hasil penelitian oleh DUDI, pemerintah, dan masyarakat. PK1. Peningkatan produk hasil inovasi dosen FMIPA yang dikomersialkan/diaplikasikan. SS8. Tersedianya infrastruktur, sarana, dan prasarana penelitian untuk mendukung keberlanjutan pengelolaan dan lingkungan. 41 PK1. Pengembangan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan karya cipta yang dapat diakui sebagai HKI. PK2. Peningkatan sistem manajemen berbasis keamanan, keselamatan, dan lingkungan. SS9. Terwujudnya alumni yang berkontribusi dalam pelayanan dan penyelesaian permasalahan masyarakat, baik pada dunia industri, pemerintah, maupun komunitas PK1. Peningkatan jumlah alumni yang memiliki peran penting di masyarakat. PK2. Peningkatan kompetensi profesi lulusan berdasarkan standar asosiasi/lembaga profesi. SS10. Terwujudnya civitas akademika yang berperan dalam penyelesaian permasalahan masyarakat, baik pada dunia industri, pemerintah, maupun komunitas. PK1. Peningkatan jumlah civitas akademika yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. PK2. Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. PK3. Peningkatan kepuasan masyarakat terhadap FMIPA. SS11. Terwujudnya kerjasama untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat, baik pada dunia industri, pemerintah, maupun komunitas. PK1. Peningkatan aktifitas kerjasama dengan dunia industri, pemerintah, dan komunitas. SS12. Terwujudnya pengelolaan institusi berbasis perencanaan terintegrasi. PK1. Peningkatan efisiensi manajemen dan kepuasan pelanggan. PK2. Peningkatan waktu layanan kepada mahasiswa. PK3. Peningkatan sistem pengelolaan keuangan yang terintegrasi dan menjamin transparansi dan akuntabilitas. SS13. Tersedianya sistem informasi yang berkualitas dan terintegrasi. PK1. Pengembangan sistem tracer study terintegrasi untuk alumni. PK2. Pengintegrasian sistem informasi perencanaan dan pengelolaan organisasi