Welcome to Program Studi

D3 Teknik Komputer

Bahasa :

Menjadi Trigger Badan Pengelola Usaha Menuju Manajemen Aset Profesional, UNSRI Gelar Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan BPU

single

Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Sriwijaya (UNSRI) menggelar “Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan Badan Pengelola Usaha Dalam Rangka Percepatan PTNBH Universitas Sriwijaya yang Berdampak”. Pelatihan ini diharapkan menjadi trigger BPU menuju manajemen aset professional. Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Wakil Rektor II Bidang Umum, Kepegawaian dan Keuangan, Dr. Drs. Tertiarto Wahyudi, MAFIS ini di selenggarakan di Ruang M.Isa UPT Bahasa Unsri Kampus Palembang, Senin (19/5/2025).

Dalam sambutannya Wakil Rektor II mengajak peserta untuk berpikir manfaat apa yang sudah diberikan kepada orang lain. “Bapak-Ibu sekalian, mengapa Bapak-Ibu ada di sini? Kita memberikan value, kita memberikan manfaat. Kita bayangkan saja apa manfaat atau apa value yang kita berikan, jadi sesuai tidak misalnya gitu, jadi itu yang saya bayangkan. Kita berada di sini kenapa? Kita memberikan manfaat bagi orang lain,” Ujar Wakil Rektor II.

Ia berharap memberikan pelayanan yang baik bukan hanya di lingkungan BPU melainkan berharap di fakultas juga sama agar memberikan pelayanan yang baik. “Kenapa kita berada disini, kita memberikan manfaat, kita memberikan benefit, kita memberikan apa hari ini? Kurang lebih seperti itu, ada yang mungkin bisa kita kerjakan, mungkin lebih dari itu, baru nanti kita berpikir benefit yang akan kita terima dan sebagainya,” Ujarnya

Sementara itu, Direktur BPU, Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA. menyampaikan bahwa pelatihan layanan ini sangat penting untuk memberikan pelayanan prima kepada konsumen.  “Nah disebut layanan kita itu bermutu apabila pelanggan itu puas, betul ya? Jadi kalau pelanggan itu puas, layanan kita baru dianggap layanan bermutu. Berbicara tentang pelayanan produk yang dihasilkan oleh kita yaitu jasa yang kita berikan kepada pelanggan atau konsumen kita. Dari berbagai bidang, ada yang ditugaskan mengelola asrama, ada di apartemen, dan juga ada yang ditugaskan untuk aspek iklan sewa gedung, dan ada juga yang ditugaskan untuk melaksanakan tes bahasa Inggris. Nah semua yang kita hadapi itu adalah konsumen-konsumen yang harus kita layani,” Ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada ketiga narasumber yang telah hadir, ia berharap materi yang diberikan nantinya dapat merubah pola pikir dan pandangan peserta setelah mengikuti kegiatan ini.
“Saya berharap semua teman-teman dari staf BPU apa yang kita peroleh pada hari ini, supaya nanti itu merupakan  bekal untuk meningkatkan profesi kita sebagai pelayan. Kepada panitia saya ucapkan terima kasih yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan temen teman staf BPU saya ucapkan terima kasih dan setelah kegiatan ini ada perubahan berdampak positif dari tidak tau menjadi tau dari tidak baik menjadi baik, mudah - mudahan apa yang kita lakukan membawa perubahan bagi universitas Sriwijaya,” Pungkasnya. 

Selaku Ketua Pelaksana kegiatan, Ir. Amrillah Nugrasyah, S.T., M.Si., M.T., IPM., ASEAN Eng. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh BPU UNSRI ini diikuti sebanyak 52 pegawai dari Unit Aset, Unit Komersialisasi dan Produksi, Unit Pengujian dan Kerjasama, dan Unit Pendidikan dan Pelatihan yang terdiri dari 15 orang staf administrasi/ teknisi, 16 orang pengurus pemondokan / asrama mahasiswa, dan 21 orang pramu kantor/ gedung di lingkungan UNSRI.

“Pelatihan ini menghadirkan narasumber tiga orang praktisi dari Calma Consulting yaitu, Nova Nur Asih, S.E., M.M., C.H.T., Muthiara Afifah, S.Pd., C.H.T., dan Arubina Bangsawan, S.E., M.M., C.I., C.T., NNLP. Adapun tujuan dan pentingnya kegiatan ini untuk memanstikan tingkat kepuasan mitra/ klien/ tamu yang tinggi, mempromosikan konsistensi merek di berbagai property, mengurangi kesalahan operasional, meningkatkan kinerja dan retensi tenaga kependidikan, menjaga standar kesehatan, keselamatan, dan kebersihan, serta beradaptasi dengan teknologi dan praktik keberlanjutan. Selain itu kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar sesama tendik dan pimpinan BPU,” Ujar Ir. Amrillah. (Ara_Humas)