>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :
logo

Mahasiswa PSPPI Unsri Ikuti Kuliah Umum Dari Universiti Teknologi Malaysia

Dalam rangka peningkatan kualitas dan untuk menghasilkan insinyur yang benar-benar profesional, Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar kuliah umum bagi mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Unsri yang diikuti oleh mahasiswa PSPPI Unsri Angkatan 3 dan 4 yang di selenggarakan secara hybrid di Ruang Djuaini Moekti Lembaga Bahasa Unsri Kampus Palembang, Sabtu (24/2/2024). 

Hadir 2 orang narasumber dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yaitu, Prof. Ir. Dr. Mahmood bin MD Tahir dan PM. Ir. Dr. Shek Poi Ngian yang memberikan materi tentang kode etik dan etika keinsinyuran profesionalisme.

Dekan Fakultas Teknik Unsri, Prof. Dr. Eng. Ir. Joni Arliansyah, M.T menyampaikan kuliah umum pada hari ini diberi tema ”Profesionalism and Engineer Ethics”. Ia mengatakan bahwa profesionalisme merupakan irisan dari behaviour, skill dan knowledge.  disebutkannya beberapa ciri dari orang yang profesional yaitu, humbel (tidak sombong), percaya diri, terorganisir dan terstruktur. Umumnya akan ada standar kompetensi, pendidikan atau pengetahuan yang harus ditunjukkan sekaligus mematuhi kode etik serta standar etika.

"Hari ini kita akan belajar dan diskusi lebih banyak mengenai ” Profesionalism and Engineer Ethics”  dari narasumber kita. Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk memberikan kuliah Umum pada hari ini. Kepada Bapak ibu Mahasiswa PPI Unsri, selamat mengikuti Kuliah Umum, tentunya kita akan mendapatkan pengetahuan dan manfaat dari kuliah Umum kita pada pagi hari ini. Saya berharap nantinya saudara-saudara  Mampu menunjukkan sikap profesionalisme baik dalam keahlian atau kemampuannya, dan selalu menjunjung tinggi etika profesi secara strategis dan akuntabel," Ujar Dekan Fakultas Teknik dalam sambutannya.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. MKU. ASEAN Eng. APEC Eng selaku Ketua PSPPI Unsri menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber Guru Besar Teknik Sipil dari UTM yang telah hadir pada kegiatan kuliah umum tersebut. "Kita bangga dan suatu kehormatan pada kesempatan ini Prof. Ir. Dr. Mahmood bin MD Tahir dan PM. Ir. Dr. Shek Poi Ngian bisa hadir dan banyak ilmu yang bisa kita dapatkan hari ini dari beliau," Ujar Prof Anis Saggaff.

Lebih lanjut Prof Anis mengatakan bahwa penyelenggaraan PSPPI Unsri tidak main-main yang hanya duduk-duduk dapat sertifikat. Ia berharap agar mahasiswa PSPII Unsri dapat mengikuti perkuliahan dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga dapat menyelesaikan program studi dengan baik dan menjadi insinyur yang profesional. (Ara_Humas)