>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

KPU Mahasiswa Unsri Gelar Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Unsri Tahun 2024

Salah satu bentuk transparansi dari calon pemimpin, Komisi Pemilihan Umum Universitas Sriwijaya (KPU Unsri) menggelar kegiatan Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Unsri Tahun 2024. Debat yang bertemakan "Optimalisasi Peran dan Fungsi BEM Universitas Sriwijaya Untuk Membangun Mahasiswa Universitas Sriwijaya yang Kolaboratif, Partisipatif, dan Inovatif" ini berlangsung di Aula Student Center Unsri Kampus Indralaya, Kamis (28/3/2024).

Sebagai informasi, sebelumnya telah dilaksanakan deklarasi dan pengundian nomor urut Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Unsri yang dilaksanakan di Ruang BAK Unsri pada tanggal 26 Maret 2024 lalu.

Pengundian nomor urut tersebut menghasilkan dua pasangan yang mencalonkan sebagai ketua dan wakil ketua BEM Unsri, yaitu Fauzan Aulia dari Fakultas Ilmu Komputer dan Pebrian Dwi Ramadhan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai Paslon Nomor Urut 01. Sementara Juan Aqshal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bersama M. Fariz Akendra dari Fakultas Ekonomi sebagai Paslon Nomor Urut 02.

Debat dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (Wakil Rektor I), Prof. Dr. Ir. H. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr. Dalam sambutannya ia menyampaikan siapapun nanti yang akan terpilih menjadi Ketua BEM bisa ikut berpartisipasi dalam meningkatkan Unsri ke depannya.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor I memaparkan secara singkat perkembangan Unsri saat ini. Ia juga memaparkan capaian-capaian yang telah diraih oleh Unsri. “Mudah - mudahan dalam waktu dekat kita akan menjadi PTN – BH. Di dalam rancangan peraturan pemerintah itu, Nanti Majelis Wali Amanah ada satu wakil dari mahasiswa. Majelis Wali Amanah adalah majelis yang menentukan keuangan dan juga administrasi di universitas. Nanti ada satu wakil mahasiswa yang juga ikut menentukan perjalanan universitas. Insya Allah dalam waktu dekat Unsri menjadi PTN-BH.

Selamat mengikuti debat ini dan saya yakin debat adalah suatu cara menyampaikan  pendapat dan disitulah calon diuji. Terlepas siapa yang terpilih itulah yang terbaik, mari bersama membangun Unsri, dan itulah cita-cita kita bersama Unsri bisa lebih baik lagi” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Mahasiswa Unsri Dzaki Aryo Al-Ikram menjelaskan ketentuan dalam mencalonkan diri sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM Unsri harus memiliki gagasan serta program kerja yang menarik dan sejalan dengan Universitas Sriwijaya. Salah satu persyaratannya ialah memiliki prestasi akademik non akademik dan atau rekognisi dari lembaga yang bisa dipertanggung jawabkan “Untuk mekanisme pemilihan nantinya akan menggunakan website e-voting yang telah disediakan oleh Universitas Sriwijaya,” Ujarnya.

Dzaki berharap kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM Unsri Tahun 2024 ini berjalan lancar tanpa ada hambatan. Ia berpesan agar mahasiswa Unsri menggunakan hak suaranya dengan memilih pemimpin yang baik untuk Universitas Sriwijaya kedepannya.

Debat berjalan dengan tertib, lancar dan damai. Seluruh paslon beradu argumen dengan tetap kondusif sesuai arahan dari moderator. Hadir sebagai panelis Dr. Andries Lionardo, S.I.P., M.Si. (Dosen FISIP), Iwan Stia Budi, S.K.M., M.Kes. (Dosen FKM), dan Fatmalina Febri, S.K.M., M.Si. (Dosen FKM).

Acara debat turut dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, dan Koordinator Kemahasiswaan di lingkungan Unsri. (Ara_Humas)