>
Selamat Datang di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

Raker Humas, Tingkatkan Koordinasi Dan Sinergi Di Lingkungan Ditjen Diktiristek di Bidang Kehumasan

Humas Universitas Sriwijaya (Unsri) kembali mengikuti kegiatan Rapat Kerja (Raker) Humas Diktiristek. Kegiatan Raker tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) di bidang kehumasan yang digelar selama tiga hari pada tanggal 19 - 21 Juni 2024 di The Trans Resort Bali.

Kepala Biro Kerja Sama dan Humas, Yayat hendayana dalam laporannya menyampaikan Raker kehumasan PTN dan layanan pendidikan tinggi dilingkungan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, telah mengundang pimpinan humas dan staf dari 76 PTN dan 17 LLDikti. Adapun tema yang diusung pada Raker tahun ini adalah "Kreasi, Kolaborasi dan Sinergi". 

"Dengan tema ini kita berharap menjadi wadah untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam tranformasi pendidikan tinggi dengan melanjutkan program merdeka belajar. Untuk itu kita berharap mudah mudahan dalam forum ini bapak ibu pimpinan dan staf humas dari PTN dan LLDikti dapat menghasilkan strategi komunikasi bersama untuk tetap bisa mengakselerasi komunikasi Publik dan program - program pendidikan tinggi, riset dan teknologi," Ujar Yayat dalam laporannya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa humas memegang peranan yang strategis sebagai corong komunikasi publik. Menurutnya, peran itu harus juga disertai dengan kapasitas dan kompetensi kehumasan yang mumpuni. "Untuk itu, acara ini juga menjadi upaya kami untuk memberikan penguatan terhadap kompetensi para humas dari PTN dan LLDIKTI," Katanya. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc. Dalam sambutannya ia menyampaikan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan raker ini. "Saya sangat mendukung kegiatan ini karena begitu pentingnya peran kehumasan sehingga mereka perlu meningkatkan kemampuan untuk mengelola publik relation," Ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Humas memiliki peran yang sangat penting dalam membangun reputasi Instansi masing-masing apalagi di tengah isu-isu yang berkembang seputar Perguruan Tinggi saat ini.

Raker kehumasan ini dihadiri lima narasumber dari para praktisi kehumasan yakni Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Sari Soegondo yang memaparkan materi tentang Membangun Relasi dan Bekerja Sama dengan Media di Era Serba Digital; Managing Director Imogen PR, Jojo S. Nugroho menyapaikan materi tentang Komunikasi Krisis; Wakil Sekretaris Umum 1 Perhumas, Fardila Astari memberikan materi yang diberi tema Proactive Strategic Planning: Anticipating Change, Creating Opportunity; Koordinator Komunikasi dan Layanan Informasi Publik Biro KLIK Kementerian ESDM, Khoiria Oktaviani yang memaparkan materi yang mengusung tema Connecting The Dots through Social Media; dan Konsultan Komunikasi Digital, Rulli Nasrullah yang memberikan materi terkait Manajemen Komunikasi Digital.

Sementara sosialisasi terkait Anugerah Humas Diktiristek Tahun 2024 disampaikan oleh Pranata Humas Ahli Muda, Dinna Handini bersama tim humas Diktiristek. (Ara_Humas)