>
Selamat Datang di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

Rektor Unsri Lepas 5 Mahasiswa Program IISMA Sekaligus Beri Arahan Kepada 3 Tim Unsri Lolos PIMNAS Tahun 2024

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E., M.Si. melepas lima (5) mahasiswanya yang lolos pada Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024. Acara pelepasan dan pemberian arahan berlangsung di Ruang Rapat Senat Lt. 2 Rektorat Unsri Kampus Indralaya, Senin (2/9/2024).

Lima mahasiswa Unsri tersebut adalah Alya Gadis Aqilahdari Fakultas Kesehatan Masyarakat yang akan mengikuti proses pembelajaran di Mahidol University, Thailand; Azizah Raidah Salsabilah dari Fakultas Pertaniandengan tujuan ke Universiti Sains Malaysia; Muhammad Ravi Wijayanto dari Fakultas Ilmu Komputer yang akan menuju keNewcastle University, England;Mawar Aliyah Abdanidari Fakultas Kedokteran dengan tujuan ke Taipei Medical University, Taiwan; dan Badia Inaya Sazrade dariFakultas Ilmu Komputer dengan tujuan University of York.

Sebagai informasi, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia yang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya.

Pada kesempatan itu, Rektor juga memberikan arahan pada tiga (3) tim mahasiswa yang lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2024. Rektor menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi serta dukungan kepada mahasiswanya yang berhasil lolos program IISMA dan PIMNAS Tahun 2024.
"Kami ucapkan selamat kepada anak-anak sekalian, ada lima mahasiswa yang telah berhasil lolos Program Indonesian International Student Mobility Awards, kemudian ada 15 mahasiswa untuk tiga tim yang lolos ke tingkat nasional yaitu PIMNAS. Kami ucapkan selamat kepada anak anak sekalian yang telah berhasil lolos ke tingkat nasional dan kemudian ada yang lolos untuk pertukaran mahasiswa internasional. Kami berharap mudah - mudahan keberhasilan anak - anak sekalian bisa membawa nama baik Universitas Sriwijaya, membawa nama baik prodi, fakultasnya dan Unsri pada umumnya," Ucap Rektor.

Rektor berpesan agar mahasiswa terus berusaha berbuat yang terbaik, menjaga nama baik Unsri, dan mengambil manfaat yang optimal dari kegiatan tersebut. "Jangan sampai waktu habis disana tetapi hal - hal baik yang bisa dibawa ke Indonesia dan ke Unsri tidak banyak nantinya. Mudah - mudahan hal - hal yang baik yang bisa dibawa ke Universitas Sriwijaya. Saya yakin disana akan banyak hal - hal baik dan pasti ada juga yang kurang baik, jangan dibawa yang tidak baik jadikan pelajaran. Ambil baiknya ke Unsri dan tularkan kepada teman-teman di Universitas Sriwijaya. Mulai dari budaya baik sistem belajar yang baik bawa kesini dan tularkan di sini," Pesan Rektor.

Lebih Jauh Rektor mengatakan agar mengedepankan sportivitas dalam mengikuti lomba. "Kemenangan itu memang jadi tujuan kita tapi itu bukan utama, yang kita harapkan kita bersosialisasi kita cari kawan disitu, kemudian juga cari pengalaman itu lebih utama. Kita menang tapi sportivitas yang kita kedepankan, cari teman sebanyak - banyaknya, cari manfaat sebanyak banyaknya, jaga nama baik Universitas Sriwijaya. Sekali lagi saya ucapkan selamat, terimakasih kepada bapak ibu dekan yang telah mendorong kegiatan anak - anaknya. Hari ini 3 tim yang lolos mudah - mudahan untuk tahun depan bisa jauh lebih banyak lagi," Kata Rektor.

Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan dan Alumni Unsri, Prof. Dr. dr. Radiyati Umi Partan, SpPD-KR. mengungkapkan bahwa untuk peserta PIMNAS kedepan akan menggarap lebih serius dan akan membuat semacam training buat pembimbing sehingga harapannya lebih banyak lagi mahasiswa yang mengikuti PPKM dan bisa lolos ke PIMNAS. "Selama ini kita waktunya mepet, PPKM hanya beberapa hari kemudian kita ngereviewnya juga buru - buru dan banyak yang judulnya bagus tetapi tidak sesuai dengan format, sehingga tidak lolos administrasi bukan tidak lolos substansi. Rencananya nanti 1-2 bulan ini kita sudah akan membuka PPKM baru untuk para mahasiswa," Ungkapnya.

Ia berpesan agar mahasiswa yang ikut PPKM dan lolos PIMNAS dan yang sudah mengikuti event - event bergengsi jangan takut untuk ikut LPDP. "Jadi anak anak yg ikut PPKM dan lolos PIMNAS ini pintar - pintar, saya kira anda punya modal, dan ketika anda sudah mengikuti event - event bergengsi seperti ini jangan takut ikut LPDP, karena itu adalah jualan anda. Pada fortofolio, anda tulis saya pernah lolos PPKM, PIMNAS dan lain sebagainya dan itu dihitung sebagai waktu wawancara jadi suatu modal untuk rata - rata lolos LPDP. Itu Semangatnya, kami ucapkan selamat berjuang untuk yg sudah lolos," pungkasnya.

Untuk diketahui PIMNAS Tahun 2024 ini merupakan PIMNAS Ke - 37 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2024 mendatang di Universitas Airlangga selaku tuan rumah. Adapun tiga tim Mahasiswa Unsri yang Lolos PIMNAS Tahun 2024 yaitu, Tim I Manisya Valentina dari Program Studi Farmasi FMIPA dengan judul Inkorporasi Nanoemulsi Kunyit dan Daun Pare Pada Scrubber Arang Tempurung Kemiri Sebagai Penanganan Hiperpigmentasi Bekas Cacar Air; Tim II Angeline Lubis dari Program Studi Farmasi FMIPA dengan judul Formulasi dan Uji Aktivitas Anti-inflamasi Self-Nano Emulsion Ekstrak Getah Gambir pada Kaki Tikus Putih Osteoarthritis; dan Tim III Faisal Zulfandi Sianipar dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dengan judul Peran Exosome Growth Factor dari Platelet terhadap Regulasi Cardiomyocytes Regeneration sebagai Modalitas Terapi Baru Myocardial Infarction: Studi In Vivo.

Kegiatan itu turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Dekan dan Wakil Dekan, Ka Biro BAK dan BUK, dan Kepala UPT KLI di lingkungan Unsri. (Ara_Humas)