>
Selamat Datang di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

Dialog Nasional Forkom FKIP Negeri Se-Indonesia, Menjaga Mutu dan Kualitas Prodi-Prodi di Lembaga Pencetak Calon Guru Profesional

Forum Komunikasi (Forkom) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Negeri se – Indonesia menggelar Dialog Nasional untuk menjaga mutu dan kualitas program studi -program studi yang ada di FKIP. Dialog ini, menghadirkan tiga narasumber yang berkaitan dengan Pendidikan. Dialog yang dilaksanakan di Universitas Sriwijaya (Unsri) kampus Indalaya, Jumat (20/9/2024) ini dibuka oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S. E., M. Si.

Dekan FKIP Unsri, Doktor Hartono, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dialog nasional Forkom Dekan se-Indonesia ini untuk mengetahui bagaimana strategi mengembangkan Pendidikan tinggi dari Dirjen Belmawa, mengetahui bagaimana mencapai akreditasi unggul dan akreditasi internasional dari Direktur Akreditasi Lamdik  juga adanya isu akan dikembangkannya instrument yang baru yang akan diberlakukan tahun 2025. “Tentu ini sangat penting. Bagi kami merupakan konsumsi yang luar biasa input informasi yang luar biasa bagi kami yang di daerah karena ingin menjaga mutu kualitas FKIP dan program studi yang ada di FKIP yang berorientasi kepada mutu. Salah satunya adalah pengakuan akreditasi nasional yang unggul yang merupakan statuta dari semua program studi yang ada di FKIP Unsri. 

Sebagaimana kita ketahui letak geografis yang sangat berbeda, mutu juga mungkin berbeda. Bagaimana kita memiliki benchmarking yang sama sehingga mutu kita yang penghasil calon - calon guru dan guru profesional tetap terjaga. Salah satunya dengan indikator point – point akreditasi yang ada di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan,” kata Dr. Hartono menyampaikan.

Dalam sambutannya Rektor Unsri, berharap tujuan dari dialog nasional bisa tercapai sesuai dengan yang sudah ditetapkan, seperti yang disampaikan Dekan. “Kami mendoakan apa - apa yang akan dibahas dan dirumuskan bisa bermanfaat bagi universitas kita masing -masing dan bagi kemajuan Negara Republik Indonesia,” harap Rektor.

Rangkaian kegiatan
Para Dekan dan delegasi lainnya di sambut oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Elen Stiadi, S.H., MSE pada acara ramah tamah di Ballroom Hotel Santika Premiere Bandara – Palembang. Acara ramah - tamah dibuka oleh Pj. Gubernur Sumsel yang diwakili oleh Asisten I, Zulkarnain. Ramah tamah dimeriahkan dengan  Penampilan Ragam Pesona Sriwijaya dilanjutkan dengan Rapat Pendahuluan Dekan Anggota.

Dialog Nasional dibuka oleh Rektor Unsri. Tiga narasumber yang dihadirkan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, ST, M.T. dengan materi tentang Kebijakan dan strategi Pendidikan Tinggi; Ketua Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd. dan Direktur Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan, Prof. Dr. Acheng Hasani, M.Pd. dengan materinya yang berjudul Kebijakan Lamdik menuju Akreditasi Unggul dan Akreditasi Internasional.

Setelah mendapatkan materi dari narasumber peserta dialong dibagi menjadi sembilan kelompok persidangan, yaitu persidangan Dekan di Ruang Rapat Lt. 2 Rektorat dipimpin oleh Dr. Hartono, MA; persidangan wakil dekan I di Ruang Rapat Fakultas Kesehatan Masyarakat dipimpin oleh Dr. Rita Indrawati, M.Pd. persidangan Wakil Dekan II dipimpin Dra. Nyimas Aisyah M.Pd., Ph. D. di Ruang Rapat 2 Lt. 2 Rektorat;  persidangan empat  Wakil Dekan III dipimpin  Dr. Ismet, M. Si. di Ruang Rapat Lt.3 Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan; persidangan Kajur/ sekjur/Koorprodi Jurusan Pendidikan MIPA dipimpin Drs. Kodri Madang, M.Si. Persidangan Kajur/ Sekjur/Koorprodi Jurusan P. IPS dipimpin Deskoni, S.Pd., M.Pd.; Persidangan Kajur/ Sekjur/Koorprodi Jurusan Pend. Bahasa dipimpin Prof. Dr. Soni Mirizon di Auditorium; persidangan Kajur/ Sekjur/Koorprodi Jurusan Ilmu Pendidikan dipimpin Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd. di Auditorium; Pertemuan Deklarator dan Pendiri Forkom dipimpin Prof. Dr. Sofendi, M.A. Ruang Rapat Rektor. (Yo-Humas)