>
Selamat Datang di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

Rektor Hadiri Yudisium Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 FKIP Unsri

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E., M.Si. menghadiri acara yudisium mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsri yang diselenggarakan di Graha Sriwijaya Palembang, Rabu (9/10/2024).

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada Wali atau orang tua alumni, kepada pimpinan dan dosen FKIP Unsri, dan secara khusus ucapan selamat kepada 293 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 FKIP Unsri. “Jajaran pimpinan Universitas Sriwijaya ingin menyampaikan ucapan selamat, yang pertama kami sampaikan kepada orang tua atau wali alumni baru yang telah berhasil menuntaskan salah satu kewajiban sebagai orang tua yaitu memberi pendidikan yang baik kepada anak-anaknya. Tidak ada pemberian yang utama kepada anak-anaknya selain memberi pendidikan yang terbaik. Untuk keberhasilan ini, sekali lagi kami ucapkan selamat kepada orang tua atau wali alumni baru. 

Ucapan selamat juga kami sampaikan kepada jajaran pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, yang telah berhasil mendidik calon-calon guru profesional, menjaga kualitas yang terbaik untuk mempersiapkan putra - putri terbaik alumni dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang insya Allah menjadi guru profesional. Sekali lagi kepada jajaran pimpinan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan beserta dosen, tenaga pengajar dan karyawannya kami ucapkan selamat mudah-mudahan terus bisa bisa ditingkatkan, dipertahankan kualitas yang sudah baik yang sudah diberikan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kemudian ucapan selamat yang selanjutnya kami khususkan kepada anak-anak, saudara-saudara kami sekalian para alumni baru yang akan diyudisium pada hari ini, kami ucapkan selamat anda telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan kepemimpinan serta mudah-mudahan juga telah diajarkan etika sebagai guru yang baik sebagai guru yang profesional,” Ucap Rektor.

Rektor berharap para alumni bisa menjadi guru yang benar-benar profesional dan bisa menjadi tauladan bagi anak-anak didiknya. Rektor juga berpesan kepada para alumni untuk menjaga nama baik almamater dan nama baik Universitas Sriwijaya. “Kami berpesan kepada anak-anak sekalian tolong jaga nama baik almamater, nama baik Universitas Sriwijaya. Selalu berbuat jujur, selalu amanah, selalu menjaga etika dan moral, hormati orang tua, sayangi dan cintai sesama, insya allah para alumni sekalian akan sukses dimana pun berada dimanapun berkiprah.

Sekali lagi, selamat berkiprah didalam masyarakat bawalah hal - hal yang baik yang sudah dibekali oleh para dosen, oleh para pengajar Universitas Sriwijaya yakinlah ilmu yang sudah diberikan mudah-mudahan sudah memenuhi standar yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru profesional. Kemudian jangan cepat puas dengan ilmu yang sudah diperoleh sampai saat ini, teruslah untuk dikembangkan karena ilmu pengetahuan itu sifatnya dinamis yang selalu berkembang, selalulah mengapdate ilmu pengetahuan,” Pungkas Rektor. 

Sementara itu, Dekan FKIP Unsri, Dr. Hartono, M.A. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rektor Unsri yang telah hadir pada acara yudisium dan menyampaikan ucapan selamat kepada para alumni mahasiswa PPG Prajabatan yang telah menempuh pendidikan dua semester di FKIP Unsri. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada wali orang tua alumni PPG Prajabatan yang telah mempercayakan FKIP Unsri menjadi sekolah tempat menimba ilmu untuk menjadi calon guru profesional.

"Hari ini kita berbahagia menyaksikan para alumni prajabatan yang telah menempuh 2 semester di FKIP Unsri untuk menempuh pendidikan untuk menjadi calon guru profesional. Tentunya saya atas nama pimpinan fakultas mengucapkan ribuan terima kasih kepada pimpinan Universitas, Rektor Universitas Sriwijaya dan jajarannya yang telah memfasilitasi, mensupport program pemerintah untuk mencetak guru di mana satu tahun paling tidak mencetak 60.000 guru di Indonesia calon guru profesional dan juga saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran FKIP Universitas Sriwijaya, pengelola, dosen, guru Pamong yang luar biasa sudah bekerja siang dan malam menangani, memprogram, dan melaksanakan pendidikan PPG ini dimana FKIP Unsri lebih daripada 5000 orang mahasiswa PPG, baik PPG Prajabatan dan PPG Guru tertentu atau dalam jabatan," Ujar Dekan dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Dekan FKIP berpesan agar tetap mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai guru penggerak pada saatnya nanti setelah selesai administrasi status kepegawaian sebagai P3K. Lebih lanjut Dekan berpesan agar mengaktifkan komunitas belajar di sekolah masing-masing, workshop, pelatihan bahkan ikut melanjutkan studi lanjut S2 maupun S3, dan ia menyatakan Universitas Sriwijaya siap untuk melayani para alumni ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. "Kami tunggu karya-karya daripada alumni pada saatnya menjadi guru teladan, menjadi kepala sekolah, menjadi yang terbaik pada masa karir daripada alumni semua itulah yang kami harapkan," tutupnya.

Acara yudisium diisi juga dengan orasi ilmiah yang menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu, Dr. Hj. Rini Herlina R, M.Pd
Pengawas SMA
Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan memaparkan materi tentang Peran Guru 
Di Era Paradigma Baru; Ismail Sumantri, Head Teacher SIS Palembang memaparkan materi yang berjudul Literasi dan Numerasi Sebagai Kompetensi Mendasar Bagi Siswa Sekolah Dasar; dan Syahrial, S. Pd., M. Si., Kepsek SMA Srijaya Negara Palembang dengan materinya yang berjudul Program Ekskul SMA Srijaya Negara Palembang Sebagai Mitra FKIP Unsri. (Ara_Humas)